Kontrol diri mahasiswa yang kecanduan game online di Asrama Kaway XVI

Khairiah Asfaruddin, Said Nurdin, Rezki Saifan

Abstract


Addicted to online games are harmful behaviors, dangerous and can even be classified into mental disorders that need to be avoided. Individuals who are addicted to online games are characterized by behavior unable to break away from thinking about games, neglecting work and not being able to control themselves which causes more intensity and duration of playing time and drains the mind. The study aims to describe the self-control of college students who have the characteristics of online game addicts employing a qualitative with descriptive approach. Research subjects were three teenagers who have the characteristics of online game addiction. Data collection techniques are done through interviews. The results showed that students were sometimes unable to control themselves, especially when playing online games. They will forget or rule out other things that need to be done. But there are times when students are able to avoid playing online games for example when there are class schedules and other assignments and jobs. Students are in the early period of adulthood; this was predicted what underlies the change of ability and inability to control themselves in playing online games.

 

Keywords: Self-control, College Student, Game Online addiction

 

ABSTRAK

 

Kecanduan game online adalah perilaku yang merugikan, berbahaya bahkan dapat digolongkan ke dalam gangguan mental sehingga perlu dihindari. Individu yang mengalami kecanduan game online ditandai dengan perilaku selalu memikirkan game, mengabaikan pekerjaan, kehilangan kontrol diri, sehingga intensitas dan durasi bermain game semakin banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontrol diri mahasiswa yang memiliki ciri pecandu game online dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan tiga orang mahasiswa yang memiliki ciri kecanduan game online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa terkadang tidak mampu mengontrol dirinya terutama saat sedang bermain game online. Mereka akan melupakan atau mengesampingkan hal-hal lain yang perlu dikerjakan. Namun ada waktunya mahasiswa mampu menghindar dari bermain game online misalnya saat ada jadwal perkuliahan maupun tugas dan pekerjaan lain. Mahasiswa berada pada periode awal masa dewasa, ini yang diperkirakan mendasari adanya perubahan dari kemampuan dan ketidakmampuan mengontrol diri dalam bermain game online.  

 

Kata Kunci: Kontrol Diri, Mahasiswa, Kecanduan Game Online

 


Full Text:

PDF

References


Amin, I. M., & Nugraha, N. D. (2018). Perancangan Card Game Sebagai Media Interaktif Mengenai Edukasi Game Online. eProceedings of Art & Design, 5(3).

Ariantoro, T. R. (2016). Dampak Game Online Terhadap Prestasi Belajar Pelajar. JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas), 1(1).

Aristy, C. (2017). Hubungan antara game online coc dengan tingkat kreativitas pada siswa SMP N 6 Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 3(8), 442-453.

Baumeister, R. F., Vohs, K. D., & Tice, D. M. (2007). The strength model of self-control. Current directions in psychological science, 16(6), 351-355.

Bergmark, K. H., Bergmark, A., & Findahl, O. (2011). Extensive Internet involvement—Addiction or emerging lifestyle? International journal of environmental research and public health, 8(12), 4488-4501.

Handayani, D. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecanduan Game Online pada Remaja Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman Menggunakan Analisis Regresi Logistik (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Hasibuan, E., Yahya, M., & Bakar, A. (2019). Korelasi intensitas bermain game online mobile legend dengan keterampilan sosial siswa MAN 3 Banda Aceh. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 4(3).

Kandell, J. J. (1998). Internet addiction on campus: The vulnerability of college students. Cyberpsychology & behavior, 1(1), 11-17.

Khoiriah, S. (2018). Dampak Game Online Terhadap Perilaku Remaja Dalam Pelaksanaan Ibadah Shalat lima Waktu di desa Rangai. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Kurniasari, R. I., Dariyo, A., & Idulfilastri, R. M. (2018). Hubungan Antara Self-Efficacy dengan Pengambilan Keputusan Karier pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 3(1), 1-19.

Kurniawan, D. E. (2017). Pengaruh Intensitas Bermain Game Online terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Konseling Gusjigang, 3(1).

Kusumawati, R., Aviani, Y. I., & Molina, Y. (2017). Perbedaan Tingkat Kecanduan (Adiksi) Games Online Pada Remaja Ditinjau Dari Gaya Pengasuhan. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 8(1).

Masya, H., & Candra, D. A. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku gangguan kecanduan game online pada peserta didik kelas x di madrasah aliyah al furqon prabumulih tahun pelajaran 2015/2016. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 3(2), 97-112.

Miranda, P. H., Waluyanto, H. D., & Zacky, A. (2018). Perancangan Buku Komik sebagai Media Informasi Mengenai Dampak Game Terhadap Perilaku Sosial Anak. Jurnal DKV Adiwarna, 1(12), 9.

Özdemir, Y., Kuzucu, Y., & Ak, Ş. (2014). Depression, loneliness and Internet addiction: How important is low self-control? Computers in Human Behavior, 34, 284-290.

Pitaloka, A. A. (2013). Perilaku Konsumsi Game Online Pada Pelajar (Studi Fenomenologi tentang Perilaku Konsumsi Game Online Pada Pelajar di Kelurahan Gemolong, Kabupaten Sragen tahun 2013). SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 3(1).

Putra, F. F., Rozak, A., Perdana, G. V., & Maesharoh, I. (2019). Dampak Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Mahasiswa Telkom University. Jurnal Politikom Indonesiana, 4(2), 98-103.

Putri, Y. E., Daharnis, D., & Marjohan, M. (2018). Self-control of students in using the Internet. Konselor, 7(3), 101-108.

Rahma, A., & Lestari, R. (2018). Interaksi Sosial pada Remaja Kecanduan Game Online. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Bisnis Edisi ke 3. Bandung: Alfabeta.

Suplig, M. A. (2017). Pengaruh Kecanduan Game Online Siswa SMA Kelas X Terhadap Kecerdasan Sosial Sekolah Kristen Swasta Di Makassar. Jurnal Jaffray, 15(2), 177-200.

Tresna Ayu Puspita, S. (2017). Hubungan antara kontrol diri dengan kecanduan game online pada remaja akhir. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 5(1).

Valentina, E., & Sari, W. P. (2019). Studi komunikasi verbal dan nonverbal Game Mobile Legends: Bang Bang. Koneksi, 2(2), 300-306.

Wulan, D. K., & Chotimah, K. (2017). Peran regulasi emosi dalam kepuasan pernikahan pada pasangan suami istri usia dewasa awal. Ecopsy, 4(1), 58-63.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN: 2407-5809

E-ISSN: 2714-5484

Diterbitkan Oleh:

Jurusan Bimbingan dan Konseling 

Universitas Syiah Kuala