Penerapan teknik bermain peran dalam menangani konflik interpersonal pada mahasiswa

Syufiyatuddin Indah Haqqun, Syaiful Bahri, Qurrata 'Ayuna

Abstract


 

Setiap individu membutuhkan hubungan sosial, karena manusia merupakan makhluk sosial, dalam jalinan hubungan sosial ini, akan selalu terjadi suatu permasalahan baik itu terjadi karna kesalahan sendiri atau orang lain. Hal inilah yang dapat memicu sebuah konflik salah satunya konflik interpersonal. Cara yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik bermain peran yang diaplikasikan di dalam praktik konseling kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan skor konflik interpersonal sebelum dan setelah melakukan treatment dengan menggunakan teknik bermain peran, serta untuk melihat efektifitas teknik bermain peran dalam menangani konflik intersonal pada mahasiswa. Metode yang digunakan adalah quasi experimental research dengan pre-test dan post-test group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa skala psikologi. Teknik analisis data dengan Uji Beda Mann Whitney. Populasinya adalah mahasiswa tahun pertama di 4 jurusan ilmu sosial FKIP Universitas Syiah Kuala. Sebanyak 14 mahasiswa dipilih sebagai sampel penelitian dengan teknik porposif sampling, yang kemudian dibagi ke dalam dua kelompok berbeda, yakni kelompok eksperiman dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan skor antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen mengalami penurunan nilai rata-rata (mean) lebih besar dibandingkan kelompok pembanding, yaitu 107,3 ≥ 123,7. Dengan melihat tabel binominal n=7 dan p=0,05, probabilitas untuk X≥10 adalah 0,031. Karena 0,031 lebih kecil dari 0,05 dan W=14, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan konflik interpersonal yang signifikan antara kelompok yang menggunakan teknik Bermain Peran dibandingkan kelompok yang tidak menggunakan teknik Bermain peran.

 

Kata kunci: Konflik Interpersonal, Konseling Kelompok, Teknik Bermain Peran


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, H. Abu. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Bilqis, Fajar dkk. 2013. Hubungan Antara Persepsi dengan Cara Penyelesaian Konflik Interpersonal Pada Remaja Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Mahardhika Surabaya. Jurnal BK Unesa, Volum III (1): 136-143.

Dananjaya, Utomo, 2012. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa.

Erford, Bradley T. 2015. 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor, Edisi Kedua. Diterjemahkan oleh Helly Prajitno Soetipto dan Mulyani Soetipto, dari 40 Tecniques Everi Counselor Should Know. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Eriyanto. 2007. Teknik Sampling Analisis Opini Publik. Yogyakarta: LkiS Pelangi Aksara.

Geldard, David dan Kathryn Geldard. 2013. Menangani Anak dalam Kelompok (Panduan untuk Konselor, Guru dan Pekerja Sosial). Diterjemahkan oleh: Tony Setiawan, dari Working With Children in Groups. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Gibson, Robert L dan Marianne H. Mitchell. 2011. Bimbingan dan Konseling. Diterjemahkan oleh Yudi Santoso, dari Introduction to Counseling and Guidance. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hurlock, .Elizabeth B. 1991. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Diterjemahkan oleh

Istiwidayati, dkk; dari Developmental Psychologi A. Life-Span Approach. Jakarta: Erlangga.

Isparjadi. 1988. Statistik Pendidikan. Jakarta: Depdikbud DIKTI PLPTK.

Joyce, Bruce dkk. 2011. Model-Model Pengajaran. Diterjemahan oleh Achmad Fawaid dan Ateilla Mirza dari Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Komalasari, G dkk. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks.

Mappiare, A.T Andi. 2006. Kamus Istilah Konseling dan Terapi. Jakarta:

Myers, David G. 2012. Psikologi Sosial (Edisi 10 | Buku 1). Diterjemahkan Oleh Aliya Tusyani;dkk, dari Social Psychology. Jakarta: Salemba Humanika

_____________. 2012. Psikologi Sosial (Edisi 10 | Buku 2). Diterjemahkan Oleh Aliya Tusyani;dkk, dari Social Psychology. Jakarta: Salemba Humanika

Nashori, H.F. & Diana, R.R. 2007. Hubungan antara Kelapangdadaan dan Agresivitas Siswa SMA dan SMK. Laporan Penelitian Fundamental. Jakarta: Ditjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional.

Pickering, Peg. 2001. Kiat Menangani Konflik. Diterjemahkan oleh Masri Maris, dari How to Manage Conflict. Jakarta: Erlangga

Putra, Giri S. 2013. Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Antar Pribadi Siswa Kelas VII SMP. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. (Tidak Diterbitkan).

Santrock, Jhon W. 2012. Perkembangan Masa Hidup (Edisi ke-13, Jilid II). Diterjemahkan oleh Benedictine Widyasinta; dari Life Span Development. Jakarta: Erlangga.

Setiadi, Ely M. Dan Usman Kolip. 2011. Pengantar Sosiologi (Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial: Teori, Aplikasi, dan Pemecahannya). Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Cara Mudah Menyusun: “Skripsi, Tesis, dan Disertasi”. Bandung: Alfabeta.

Tolan, Janet and Susan Lendrum. 1995. Case Material and Role Play in Counseling Training. Taylor and Francis e-Lybrary.

Uno, Hamzah B. 2010. Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif). Jakarta: Bumi Aksara

Upton, Penney. 2012. Psikologi Perkembangan. Diterjemahkan oleh Noermalasari Fajar Widuri; dari Psychology Express: Development Psychology. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN: 2407-5809

E-ISSN: 2714-5484

Diterbitkan Oleh:

Jurusan Bimbingan dan Konseling 

Universitas Syiah Kuala