Motivasi orang tua dalam memilih sekolah dasar islam terpadu bagi anak (Penelitian pada orang tua murid di SDIT Nurul Ishlah Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh)

Desi Puspita Sari, Martunis Yahya, Said Nurdin

Abstract


Parents have a very big role in choosing schools for children. Motivation of parents in choosing school is a factor that influences and also makes a significant contribution. This study aims to determine the motivation of parents in choosing schools for children. This type of qualitative research uses a descriptive approach, the subjects of the study amounted to 6 (six) parents / guardians of students from SDIT Nurul Ishlah, Ulee Kareng Subdistrict, Banda Aceh City, data collection techniques were carried out through interviews and documentation studies. The results showed that the motivation of parents to choose an Integrated Islamic Primary School for children at SDIT Nurul Ishlah which is seen from intrinsic factors parents want children to be able to read and memorize the Qur'an, and focus on forming Islamic characters such as, obedient to parents and teacher, honest, religious, and able to memorize short suras. Besides that, it can be seen from the extrinsic factors of the motivation of parents to send their children to SDIT because, this school has a vision and mission to shape the character of Islamic children and the curriculum that is applied according to the needs of students and in accordance with the expectations of parents. The hope of parents is that children can be independent, love to study, focus on learning and be able to compete in achieving superior achievements. From the results of the study it is recommended that parents continue to assist children in developing all their potential so that there is a match between parents' expectations and children's wishes in school selection.

Keywords: Selection of Schools, Parents, Motivation

 

ABSTRAK 

Orang tua memiliki peran yang sangat besar dalam pemilihan sekolah bagi anak. Motivasi orang tua dalam memilih sekolah merupakan faktor yang mempengaruhi dan juga memberikan kontribusi yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi orang tua dalam pemilihan sekolah bagi anak. Jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, subyek penelitian berjumlah 6 (enam) orang tua/wali murid dari SDIT Nurul Ishlah Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh, teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi orang tua memilih Sekolah Dasar Islam Terpadu bagi anak di SDIT Nurul Ishlah yaitu dilihat dari faktor intrinsik orang tua menginginkan anak mampu membaca dan menghafal Al-Qur’an, serta fokus pada pembentukan karakter islami seperti, patuh kepada orang tua dan guru, jujur, taat beragama, dan mampu menghafal surah-surah

pendek. Selain itu dilihat dari faktor ekstrinsik motivasi orang tua menyekolahkan anak ke SDIT dikarenakan, sekolah ini memiliki visi misi membentuk karakter anak yang islami dan kurikulum yang diterapkan sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan sesuai dengan harapan para orang tua. Harapan orang tua adalah anak bisa mandiri, senang dalam menuntut ilmu, fokus belajar dan mampu bersaing dalam mencapai prestasi yang unggul. Dari hasil penelitian disarankan para orang tua untuk terus mendampingi anak dalam mengembangkan segala potensi yang dimiliki agar terjadi kesesuaian antara harapan orang tua dan keinginan anak dalam pemilihan sekolah.

Kata Kunci : Pemilihan Sekolah, Orang Tua, Motivasi


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, dkk. (2011). Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Departemen Pendidikan Nasional, (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas

Gunarsa, S. D. (2010). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta : PT BPK Gunung Mulia

Hariandja, Marihot Tua Efendi. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia : Pengadaan, Pengembangan, Pengkompensasian, dan Peningkatan Produktivitas Pegawai. Jakarta : Grasindo

Hasibuan, M. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara

Marwansyah dan Mukaram. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Pusat Penerbit Administrasi Niaga

Moleong, L.J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sardiman, A.S. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Siagian, Sondang P. (2012). Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Suryabrata, S. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Suhardi. (2013). The Science of Motivation (Kitab Motivasi). Jakarta : PT Gramedia.

Uno, H B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya : Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi

Wirdhana, I., et. al. (2013). Komunikasi Efektif Orang Tua dengan Remaja. Jakarta: BKKBN

Zainun, B (2007). Manajemen dan Motivasi. Jakarta : Balai Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN: 2407-5809

E-ISSN: 2714-5484

Diterbitkan Oleh:

Jurusan Bimbingan dan Konseling 

Universitas Syiah Kuala