Perkembangan nilai agama dan moral anak dalam keluarga broken home

Dina Amalia

Abstract


Perkembangan nilai agama dan moral merupakan tahap perkembangan kepribadian anak untuk membentuk karakter, menanamkan sifat-sifat terpuji dan melatih anak untuk dapat beribadah sesuai dengan agama yang dianutnya. Keluarga merupakan dasar peletakan nilai-nilai moral dan sebagai dasar proses pembentukan karakter bagi anak. Perkembangan anak akan menjadi cenderung terhambat apabila anak berada di dalam situasi keluarga yang kacau dan penuh dengan keributan. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana perkembangan nilai agama dan moral anak dalam keluarga broken home. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah dua orang ibu yang telah bercerai secara sah menurut agama dan negara. Objek penelitian adalah 2 orang anak berusia 5-6 tahun dengan jenis kelamin laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan nilai agama dan moral pada anak usia 5-6 tahun sebagian besar belum terlihat pada anak, anak masih menunjukkan perilaku-perilaku tidak sopan saat berkomunikasi, tidak menghormati tamu dan lain sebagainya, kemudian anak belum dapat mengerjakan ibadah shalat dengan benar, akan tetapi ada sebagian indikator sudah mulai terlihat seperti anak sudah dapat mengucapkan terimakasih kepada orang lain dan perilaku jujur.

Kata Kunci: Perkembangan Nilai Agama dan Moral, Keluarga Broken Home.

Full Text:

PDF

References


Astuti, SH. (1974). Studi tentang hubungan keluarga deliquensi remaja dengan broken home di Lembaga Permasyarakatan Madiun. Yogyakarta: UGM.

Aziz, M. (2015). Perilaku Sosial Anak Remaja Korban Broken Home dalam Berbagai Perspektif. Jurnal Ijtimaiyyah, 1(1),

Borba, M. (2008). Membangun Kecerdasan Moral. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

FKIP. Universitas Syiah Kuala. (2012). Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Gunarsa, S D. (2010). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Jakarta: Gunung Mulia.

Harmaini, dkk. (2014). Peran Ayah dalam Mendidik Anak. Jurnal Psikologi, 10(2)

Maharani, L. (2014). Perkembangan Moral pada Anak. Jurnal Bimbingan & Konseling, 1(2).

Naim, N. (2016). Dasar-Dasar Komunikasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Nurjannah, S. (2018). Perkembangan Nilai Agama dan Moral (STTPA Tercapai). Jurnal Paramurobi, 1(1).

Peraturan Menteri Pendidikan & Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Putra, N. & Dwilestari, N. (2012). Penelitian Kualitatif PAUD. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sapendi. 2015. Internalisasi Nilai-Nilai Moral Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal At-Turats, 9 (2).

Setiawati, F. A. (2006). Pendidikan Moral dan Nilai-Nilai Agama pada Anak Usia Dini: Bukan Sekedar Rutinitas. Jurnal Paradigma 1(2).

Shochib. (2000). Pola Asuh Orangtua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.

Sjarkawi. (2006). Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tanfidiyah, N. (2017). Perkembangan Agama & Moral yang Tidak Tercapai pada AUD: Studi Kasus di Kelas A1 TK Masyitoh Dasari Budi Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2)

Wardani, O. W. (2016). Problematika Interaksi Anak Keluarga Broken Home di Desa Banyuroto, Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta. Jurnal Elektronik Mahasiswa Pend. Luar Sekolah-S1, 5(2).

Willis, S. (2008). Konseling Keluarga. Jakarta: Alfabeta.

Zelvi, A. (2017). Proses Penanaman Nilai-Nilai Agama pada Anak Usia Dini dalam Keluarga di Kampung Gambiran di Pandeyan Umbulharjo Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(6).

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter, Konsepsi & Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.

Zuraidah, (2016). Analisa Perilaku Remaja dari Keluarga Broken Home. Kognisi Jurnal, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN: 2407-5809

E-ISSN: 2714-5484

Diterbitkan Oleh:

Jurusan Bimbingan dan Konseling 

Universitas Syiah Kuala