PENERAPAN TEKNIK PROMPTING DAN TRANSFER OF STIMULUS CONTROL UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU MEMINTA IZIN PADA ANAK USIA DINI

Wenny Aidina, Luh Surini Yulia Savitri

Abstract


Salah satu keterampilan sosial yang harus dimiliki oleh anak usia dini adalah berkomunikasi dengan sopan pada orang lain. Apabila anak tidak menampilkan perilaku tersebut maka anak akan mengalami penolakan dari lingkungan sosialnya. Berkomunikasi dengan sopan dapat ditampilkan dengan meminta izin sebelum menggunakan mainan orang lain. Perilaku ini dapat dipelajari oleh anak melalui teknik prompting dan transfer of stimulus control. Tujuan penelitian ini adalah menguji efektivitas teknik prompting dan transfer of stimulus control untuk meningkatkan perilaku meminta izin sebelum menggunakan mainan orang lain tanpa bimbingan pada anak usia dini. Metode penelitian menggunakan single case AB with follow-up design dengan partisipan penelitiannya adalah anak laki-laki berusia 4 tahun 7 bulan yang tidak pernah meminta izin sebelum menggunakan mainan orang lain. Penelitian dilakukan selama 8 sesi yang masing-masing sesi terdiri dari 4 percobaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa teknik prompting dan transfer of stimulus control dapat meningkatkan frekuensi perilaku meminta izin sebelum menggunakan mainan orang lain dari 0% menjadi 100% dan efek pemberian intervensi bertahan di berbagai setting. Efek dari penelitian ini membuat partisipan dapat menampilkan perilaku meminta izin sebelum menggunakan mainan orang lain secara spontan setelah melihat mainan di mana pun berada.


Keywords


keterampilan sosial; meminta izin; prompting; transfer of stimulus control; anak usia dini

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24815/s-jpu.v1i2.11571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Seurune : Jurnal Psikologi Unsyiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons

Seurune: Jurnal Psikologi Unsyiah published by Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional. Based on a work at http://jurnal.unsyiah.ac.id/seurune.