Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Materi Logika Siswa SMAN 7 Aceh Barat Daya

Ikhwanuddin Ikhwanuddin, M. Ikhsan, Rahmah Johar

Abstract


Rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa SMA merupakan salah satu masalah utama dalam pendidikan matematika. Untuk itu perlu adanya suatu pendekatan pembelajaran matematika yang tepat dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa, salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan ini adalah pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Adapun tujuan utama dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa SMA yang diajarkan dengan Pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Hipotesis dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa SMA yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih baik daripada yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini eksperimen dengan dua kelompok sampel serta menggunakan pretest dan postest. Kelompok eksprimen memperoleh perlakuan berupa pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning sedangkan kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Aceh Barat Daya. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X1sebagai kelas eksperimen, dan kelas X2sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa tes bentuk uraian utuk mengukur peningkatan kemampuan penalaran matematis. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS. Hasil yang diperoleh yaitu peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa SMA yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih baik daripada yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2004.) Peraturan Dirjen Didasmen No. 506/C/PP/2004 tanggal 11 November 2004 Tentang Penilaian Perkembangan AnakDidik Sekolah Menangah Pertama (SMP). Jakarta: Dirjen Dikdasmen Depdiknas.

Nuridawani, N., Munzir, S., & Saiman, S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Didaktik Matematika, 2(2).

Hake, R.R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Dept. of Physics Indiana University. Diakses dari http://www.physics.indiana.edu tanggal 21-9 2015.

Shadiq, F.(2009). Model-Model Pembelajaran. PPPPTK Matematika Yogyakarta

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sofian. (2011). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual. Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Thontowi, A. (1993). Psikologi Pendidikan. Bandung: Angkasa




DOI: https://doi.org/10.24815/jp.v7i1.13520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Peluang

ISSN 2302-5158 (print) 2685-1539 (online)


Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika, FKIP Unsyiah
Published by Universitas Syiah Kuala 
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/
Email     : jurnal.peluang@unsyiah.ac.id