Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika

Subarianto Subarianto, M. Ikhsan, Said Munzir

Abstract


Perkembangan di bidang teknologi informasi dan komunikasi dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang dan matematika diskrit. Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini. kemampuan representasi dan kemampuan pemecahan masalah termuat pada kemampuan standar menurut Depdiknas dan NCTM dan merupakan kemampuan penting yang harus ditingkatkan oleh siswa. kemampuan representasi matematis diperlukan siswa untuk menemukan dan membuat solusi atau cara berfikir dalam mengkomunikasikan gagasan matematis dari yang sifatnya abstrak menuju konkret. Proses berfikir dalam pemecahan masalah memerlukan kemampuan mengorganisasikan strategi. Untuk meningkatkan kedua kemampuan matematis ini perlu adanya pembaharuan Pendekatan mengajar. Salah satu pendekatan pembelajaran matematika yang ditawarkan yaitu pendekatan problem posing. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA kelas X pada SMA Negeri Unggul Harapan Persada Kabupaten Aceh Barat Daya, dengan sampel dua kelas. Berdasarkanhasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan pendekatan problem posing lebih baik daripada siswa yang menggunakan pendekatan  konvensional (0,005 < 0,05); (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang  menggunakan pendekatan  problem posing lebih baik daripada siswa yangmenggunakan pembelajaran konvensional (0,026 < 0,05); (3) terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan kemampuan representasi matematis yang menggunakan pendekatan  problem posing dengan menggunakan pendekatan  konvensional ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa [tinggi (0,145 > 0,05), sedang (0,001 < 0,05), rendah (0,035 < 0,05)]; (4) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis yang  menggunakan pendekatan pembalajaran problem posing dan siswa yang menggunakan pendekatan konvensional ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa [tinggi (0,000 < 0,05), sedang (0,000 < 0,05), rendah (0,392 > 0,05)]


Full Text:

PDF

References


Cai., Lane., & Jacabsin.(1996).Assesing Students mathematical communication.Official Journal of Science and Mathematics.96(5).

Depdiknas. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan

Irma, Ade. (2011). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas melalui Strategi Think-Talk-Write. Tesis SPs UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.

Meltzer, D.E. (2002). Addendum to: “The Relationship between Mathematics Preparation and Conseptual Learning Gain in Physics: A Possible “Hidden Variable” in Diagnostics Pretest Scere”. [on-line]. Tersedia: http://www.physics.iastate.edu/per/docs/Addendumon_normalizet_gain.

National Council of Teachers of Mathematic (NCTM). (2000). Principles and Standards for School Mathematics, Reston, Virginia

Oktavien, Yelli. (2011). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Tesis SPs UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.

Sugiman., & Kusumah, Y. S. (2010). Dampak Pendidikan Matematika Realistik terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. IndoMS. J.M.E .1(1).

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Alfabeta.

_________ (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.24815/jp.v7i1.13516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Peluang

ISSN 2302-5158 (print) 2685-1539 (online)


Organized by Program Studi S1 Pendidikan Matematika, FKIP Unsyiah
Published by Universitas Syiah Kuala 
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/
Email     : jurnal.peluang@unsyiah.ac.id