Preferensi Konsumen Terhadap Produk Kue Bhoi Khas Aceh di Kota Banda Aceh

Yusriana Yusriana, Novia Mehra Erfiza, Jainuddin Jainuddin, Cut Nilda

Abstract


Perilaku masyarakat dalam memilih dan mengkonsumsi produk Kue Bhoi perlu diteliti karena banyak produk yang dijual dipasaran tidak memiliki keseragaman mutu, hal ini dapat dilihat dari warna kue Bhoi yang dijual dipasaran yang tidak seragam.Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari karakteristik konsumen produk Kue Bhoi, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen dalam membeli serta mengkonsumsi Kue Bhoi dan mengetahui keinginan konsumen terhadap kualitas produk Kue Bhoi.Penelitian ini menggunakan metode penelitian surveikonsumen.Responden yang mengisi kuesioner yaitu wanita berusia antara 30-50 tahun sebanyak 100 orang dan uji organoleptik sebanyak 35 orang. Karakteristik konsumen kue Bhoi yaitu wanita dengan umur 30 sampai 34 tahun (44%), pendidikan terakhir SMA (35%), mayoritas pekerjaan ibu rumah tangga (51%) dan penghasilan rata-rata 1 juta (39%). Hasil penelitian survei konsumen Kue Bhoi diperoleh faktor yang yang mempengaruhi preferensi yaitu tingkat ekonomi (tingkat kemanisan dan warna)dan pekerjaan (rasa).

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.17969/jtipi.v9i2.6001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons LicenseISSN: 1411-4623E-ISSN: 2460-4534
Copyright© 2009-2018 | ISSN: 2085-4927 | EISSN: 2442-7020 
JTIPI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Published by: 
Agricultural Product TechnologyThe Faculty of Agriculture, Syiah Kuala University 
Address: 
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email: JTIPI@unsyiah.ac.id


Online Submissions & Guidelines Editorial Policies | Contact Statistics Indexing | Citations