Dampak Pandemi Corona Virus Diserse 19 Terhadap Meningkatnya Kriminalitas Pencurian Sepeda Motor Di Surabaya

Anggita Ayu Triana, Agus Machfud Fauzi

Abstract


Pandemi Corona Virus Diserse 2019 (COVID-19) menyebabkan sebagaian masyarakat harus kehilangan pekerjaan secara tidak terduga. Hal ini yang menyebabkan adanya peningkatan kriminalitas di Surabaya pada masa pandemi COVID-19. Kehilangannya pekerjaan menyebabkan mereka mengambil jalan pintas untuk meperoleh penghasilan demi menafkahi keluarganya. Semenjak pandemi sampai sekarang setidaknya terdapat beberapa kasus kriminalitas pencurian kendaraan bermotor yang memanfaatkan situasi saat ini. Kondisi seperti ini mengakibatkan adanya perubahan perilaku pada seseorang yang bersifat menyimpang sehingga melakukan perbuatan yang bertentangan dengan hukum salah satunya melakukan aksi pencurian dengan mengambil milik orang lain secara sembunyi-sembunyi atau diam-diam dengan jalan yang illegal atau menyimpang. Dalam prespektif sosiologi hukum keadaan yang sedang tejadi saat ini dapat dikatakan bahwa setiap masyarakat memiliki tipe kejahatan dan pelaku kejahatan sesuai dengan kondisi-kondisi sosial dan ekonominya. Penelitian ini menggunakan peneltian kualitatif dengan pendekatan studi literatur.


Keywords


Pandemi Covid 19; Kriminalitas; Sosiologi Hukum

Full Text:

PDF

References


Arif. 2016. Upaya Menekan Angka Kriminalitas Dalam Meretas Kejahatan Yang Terjadi Pada Masyarakat. Jurnal Prespektif Volume XXI No. 2 Tahun 2016.

Ibrahim 2020. Mengungkap Fakta Peningkatan Kejahatan Pencurian Di Masa Pandemi. Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare.

Saraswati. 2020. Kebijakan Hukum Terhadap Penanganan Pandemi Covid-19 di Indonesia. Kertha Wicaksana: Sarana Komunikasi Dosen dan Mahasiswa Volume 14, Nomor 2 2020.

Agustino. 2020. Analisis Kebijakan Penanganan Wabah Covid-19: Pengalaman Indonesia. Jurnal Borneo Administrator, Vol. 16 No. 2, 253-270, Agustus 2020.

Solahudin. 2016. Hukum dan Keadilan Masyarakat (Analisis Sosiologi Hukum terhadap Kasus Hukum Masyarakat Miskin “Asyani” di Kabupaten Situbondo). Dimensi, 2016, Vol 9(1): 31-45




DOI: https://doi.org/10.24815/sklj.v4i3.18742

Copyright (c) 2020 Syiah Kuala Law Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Creative Commons License

Syiah Kuala Law Journal published by Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Based on a work at http://jurnal.unsyiah.ac.id/SKLJ.