Perlindungan Data Pribadi Nasabah Dalam Penawaran Transaksi Asuransi Oleh PT.Bank Negara Indonesia (Persero)

Bahagia Bahagia, Sri Walny Rahayu, Teuku Muttaqin Mansur

Abstract


Perlindungan asuransi merupakan antara dua pihak, yaitu perusahaan asuransi dan pemegang polis, yang menjadi dasar bagi penerimaan premi oleh perusahaan asuransi sebagai imbalan untuk: memberikan penggantian kepada tertanggung atau pemegang polis karena kerugian, kerusakan, biaya yang timbul, kehilangan keuntungan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin diderita tertanggung atau pemegang polisi karena terjadi suatu peristiwa yang tidak pasti. Tujuan penelitian ialah mekanisme perlindungan hukum data pribadi nasabah serta perjanjian asuransi yang dilakukan oleh pihak asuransi dengan nasabah PT BNI (Persero), menyebabkan PT BNI (Persero) melakukan wanprestasi kepada nasabahnya dikaitkan tanggungjawab melindungi data nasabah, dan upaya hukum yang dapat ditempuh nasabah yang merasa dirugikan perihal data pribadinya. Metode Penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif. Hasil penelitian ini bahwa dalam mekanisme perlindungan data telah dilaksanakan hanya saja terjadi kebocoran data nasabah dikarenakan kelalaian dalam membuat kesepakatan terhadap pihak kedua (asuransi) walaupun itu adalah anak perusahaan Bank sendiri. Penyebab terjadi wanprestasi terhadap perlindungan asuransi adalah dikarenakan pihak BNI masih menggunakan metode telemarketing dalam penawaran asuransinya. Upaya hukum untuk memenangkan hak serta keadilan pihak nasabah sering ditempuh pengancara menggugat. Disarankan agar hendaknya maka sangat dianjurkan bagi nasabah untuk lebih cermat dan memahami serta memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan produk yang ditawarkan.

Insurance protection is between two parties, namely insurance companies and policy holders, which are the basis for premium receipts by insurance companies in return for: providing reimbursement to the insured or policy holder due to loss, damage, costs incurred, loss of profits, or legal responsibility to third parties that might be suffered by the insured or police holder because of an uncertain event. The research objective is the mechanism of legal protection of customers' personal data and insurance agreements carried out by insurance parties with customers of PT BNI (Persero), causing PT BNI (Persero) to default to its customers associated with responsibility to protect customer data, and legal efforts that can be taken by customers who feel harmed regarding his personal data. The research method used is normative juridical. The results of this study that in the data protection mechanism have been carried out only the customer data leak occurred due to negligence in making an agreement with the second party (insurance) even though it was a subsidiary of the Bank itself. The reason for the default on insurance protection is because BNI still uses the telemarketing method in its insurance offer. Legal efforts to win the rights and justice of the customers are often pursued by claimants. It is suggested that it should be highly recommended for customers to be more careful and understand and pay attention to matters relating to the products offered.


Keywords


Perlindungan; Asuransi; Nasabah; Insurance Agreement, Client.

Full Text:

PDF

References


Ariyanto, “Analisis Terhadap Pelaksanaan Perjanjian Kredit Di PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Cigombong Kota Jayapura Dengan Jaminan Surat Keputusan (SK) Pegawai”, Jurnal Legal Pluralism: Volume 3 Nomor 2, Juli 2013.

Basri Efendi dan Chadijah Rizki Lestari, “Penentuan Nilai Limit Oleh Bank Kreditur Berdasarkan Penaksiran Oleh Penaksir”, Kanun Jurnal Ilmu Hukum, Vol. 20, No. 1, (April, 2018).

Djoni S. Gazali, Hukum Perbankan, Sinar Grafika, Jakarta, 2010.

Dhimas Wisnu Ginanjar, “Penyelesaian Kredit Macet Dengan Jaminan Hak Tanggungan Di Unit Sentra Kredit Menengah Jakarta Timur PT. BNI (Persero)”, Jurnal, Privat Law, Vol. II, No.5 Juli-Oktober 2014.

Gatot Supramono, Perjanjian Utang Piutang, Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 2013.

Gatot Soemartono, Arbitrase dan Mediasi di Indonesia, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2006.

Galih Novianto, Analisis Aturan Perlindungan Data Pribadi Nasabah Berdasarkan PBI Nomor 7/6/PBI/2005 Tentang Transparansi Informasi Prosuk Bank dan Penggunaan Data Pribadi Nasabah, Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2014.

Hermansyah, Hukum Perbankan Nasional Indonesia, Kencana, Jakarta, 2005.

Kartini Muljadi dan Gunawan Widjaja, Perikatan Yang Lahir Dari Perjanjian, Rajawali Press, Jakarta, 2008.

Leden Marpaung, Tindak Pidana Terhadap Perbankan, Djambatan, Jakarta, 2003.

Lili Rasjid, “Menggunakan Teori/Konsep Dalam Analisis Di Bidang Ilmu Hukum”, Monograf, Universitas Padjajaran, Bandung, 2007.

Munir Fuady, Hukum Perbankan Modern, PT Citra Adiyta Bakti, Bandung, 2001.

Shidarta, Hukum Perlindungan Konsumen Indonesia, Grasindo, Jakarta, 2006.

Sitty Najmi, “Pengikatan Jaminan Fidusia Oleh Kreditur Dalam Perjanjian Kredit Dan Akad Pembiayaan Di Kota Banda Aceh”, Jurnal Ilmu Hukum Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Volume 2, No. 1, Februari 2014.

Subekti, R. Pokok-Pokok Hukum Perdata, Intermasa, Jakarta, 2005.

Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan Pasal 40 Ayat (1).

Gagah Satria Utama dan A. Andry Palingjais Lantara Y, Pengecualian Rahasia Perbankan Di Era Automatic Exchange Of Information (AEOI), Bussiness Law Review, Desember 2016, Volume 1, Nomor 1.

Ida Bagus Putu Sutama, et.al, Kerahasiaan Bank Sebagai Wujud Perlindungan Hukum Terhadap Nasabah Penyimpan Dana Dikaitkan Dengan Money Laundering, Kertha Negara, Maret 2013, Volume 1, Nomor 1.

Ilyas, Keabsahan Perjanjian Asuransi Melalui Telemarketing Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008, Jurnal Ilmu Hukum, Nomor 55.

Lisa Ade Justicia, “Penyelesaian Tunggakan Kredit Ringan Dikaitkan Dengan Prinsip Kehati-Hatian Bank”, Jurnal, Law Journal, Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala, Vol. 2(2) Agustus 2018.

Marnia Rani, Perlindungan Otoritas Jasa Keuangan Terhadap Kerahasiaan Dan Keamanan Data Pribadi Nasabah Bank, Jurnal Selat, Oktober 2014, Volume 2, Nomor 1.

M. Isnaeni, “Peranan Hukum Jaminan Dalam Bidang Ekonomi”, Jurnal, Yuridika, No. 2 Tahun X Mei-Juni 1995.

Noorman Lathifah Hanim, “Penyelesaian Perjanjian Kredit Bank Sebagai Akibat Force Majeure Karena Gempa Di Yogyakarta”, Jurnal Pembaharuan Hukum, Volume III No. 2 Mei-Agustus, 2016.

Sutan Remy Syahdeni, “Rahasia Bank dan Berbagai Masalah Disekitarnya”, Jurnal Hukum Bisnis, Yayasan Pengembangan Hukum Bisnis, Volume 8, Nomor 1 November 1999.

Suroto, “Pendekatan Institusionil & Analisis Model Kebijakan Terhadap SK. Direksi Bank Indonesia No. 27/162/Kep/Dir/1995 Tentang Pedoman Penyusunan Kebijaksanaan Perkreditan Rakyat (PPKB)”, Jurnal Ilmiah, Hukum dan Dinamika Masyarakat Vol. 22, No. 3 Oktober 2004-April 2004.

Tri Novidianto dan Tutiek Retnowati, “Perlindungan Hukum Bagi Kreditor Untuk Kredit Yang Diambil Alih (Take Over) Dengan Pelunasan dan Jaminan Yang Dikeluarkan Tidak Pada Hari Yang Sama”, Jurnal, Al’Adl, Volume X Nomor 1, Januari 2018.

Berkas Pengadilan Negeri Bireuen Tahun 2016.

Berkas Pengadilan Banda Aceh Tahun 2016.




DOI: https://doi.org/10.24815/sklj.v3i1.12108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Syiah Kuala Law Journal (SKLJ)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Creative Commons License

Syiah Kuala Law Journal published by Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Based on a work at http://jurnal.unsyiah.ac.id/SKLJ.