PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SUBTEMA GERAK DAN GAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 16 BANDA ACEH

Suid AB, M. Nasir Yusuf, Nurhayati ,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhi penggunaan metode inkuiri terhadap hasil belajar pada subtema gerak dan gaya di SDN 16 Banda Aceh. Hipotesis dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan metode inkuiri terhadap hasil belajar pada subtema gerak dan gaya di SDN 16 Banda Aceh dan juga metode inkuiri lebih baik dibanding metode konvensional. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian murni. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 16 Banda Aceh yang berjumlah 61 siswa. Sampel dari penelitian ini adalah kelas eksperimen berjumlah 31 siswa dan kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes yang berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 20 soal. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 80,97 dan kelas kontrol adalah 72,32. Setelah data terkumpul, diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t, pada taraf signifikan  = 0,05. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis yakni terima H0 jika . Maka dari hasil data yang telah diolah, diketahui bahwa  Sehingga H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh penggunaan metode inkuiri terhadap hasil belajar pada subtema gerak dan gaya di SDN 16 Banda Aceh.


Keywords


Metode inkuiri, Hasil belajar, Gerak dan gaya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.