KAJIAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB COST OVERRUN OLEH KONTRAKTOR PADA PROYEK JALAN APBD KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2017 DAN 2018

Muhammad Nur Sahid, Ika Setiyaningsih, Mochamad Solikin, Joshua Jordy Christianto

Abstract


Suatu proyek dapat dikatakan sukses, salah satunya apabila tepat biaya sesuai rencana anggaran. Jalan merupakan salah satu infrastuktur yang belakangan ini sedang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor dominan yang menjadi penyebab adanya penambahan biaya (cost overrun) dan besarnya persentase penambahan biaya (cost overrun) yang terjadi pada proyek jalan di Kabupaten Sukoharjo APBD tahun 2017 dan 2018 yang disebabkan oleh kontraktor. Pada penelitian ini dilakukan penyebaran kuisioner dalam memperoleh data yang kemudian pengolahan data dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi pengolah data Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor dominan yang mempengaruhi adanya penambahan biaya (cost overrun) pada proyek jalan di Kabupaten Sukoharjo APBD tahun 2017 dan 2018 adalah faktor Estimasi Biaya (X1) dengan thitung = 2.386 > ttabel = 2.0017 dan Aspek Dokumen (X3) dengan thitung = 2.793 > ttabel = 2.0017, dengan faktor paling dominan karena tidak memperhitungkan pengaruh inflasi dan ekskalasi sebesar 11,84%. Besarnnya penambahan biaya yang terjadi pada proyek jalan di Kabupaten Sukoharjo APBD tahun 2017 dan 2018 sebesar 5.13%.


Keywords


cost overrun, APBD. proyek jalan, dan SPSS

References


Ahmad, Zaynab Belel, Natalia A. Anigbogu and Jurbe Joseph Molwus. 2018. ”Peculiarities of Road Projects Cost Overruns”, International Journal of Scientific & Engineering Research Volume 9, Issue 6. Nigeria : Modibbo Adama University of Technology and University of Jos.

Akdon dan Riduwan. 2005. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistik. Bandung : Alfabeta.

Alamsyah, dkk. 2006. Rekayasa Jalan Raya. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang.

Annas, Achirul Aprisal. 2015. ”Evaluasi Cost Overrun pada Pelaksanaan Proyek Jalan Nasional di Provinsi Jawa Timur dengan Metode Statistical Process Control (SPC)”. Surabaya : Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Dipohusodo, Istimawan. 1996. Manajemen Proyek dan Konstruksi, jilid 2. Yogyakarta : Kanisius.

Ervianto, Wulfram I. 2002. Manajemen Proyek Konstruksi. Yogyakarta : ANDI Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Rizal, Z. Tamin. 1996. Pengendalian Proyek dengan Mengintegrasikan Penyimpangan Biaya. Bandung : Institut Teknologi Bandung.

Sastraatmadja, Ir. A. Soedrajat. 1994. Analisa (Cara Modern) Anggaran Biaya Pelaksanaan Lanjutan. Bandung : NOVA.

Setiawan, Ichwan. 2017. “Kajian Time Cost Overrun pada Pekerjaan Rehabilitasi Fasilitas Publik Studi Kasus pada Rehabilitasi dan Penataan Lingkungan Mesjid Raya Sabilal Muhtadin di Banjarmasin”. Banjarmasin : Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

Sjarief, R. Oemar. 2015. “Analisis Pembengkakan Biaya Pelaksanaan Proyek-Proyek Pembangunan/Pemeliharaan Jalan di Kabupaten Probolinggo”. Malang : Program Pascasarjana Magister Teknik, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Institut Teknologi Nasional Malang.

Soeharto, Iman. 1999. Manajemen Proyek (Dari Konseptual Sampai Operasional) Edisi Kedua Jakarta : Erlangga.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, [14] Supranto, J. 2011. Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta : Erlangga.

Yamin, Sofyan, dkk. 2011 Regresi dan Korelasi dalam Genggaman Anda: Aplikasi dengan software SPSS, Eviews, MINITAB, dan STATGRAPHICS. Jakarta : Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.24815/jts.v8i2.14231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.