Kostribusi Glidik Terhadapa Ekonomi Keluarga: Dari Pemenuhan Materi Hingga Konsep Saving (Studi Kasus Pada Masyarakat Pedukuhan Sompok, Desa Sriharjo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul)

Suci Fajarni

Abstract


Fenomena menjamurnya sektor informal di perkotaan merupakan salah satu dampak yang tidak direncanakan dari kebijakan pembangunan ekonomi politik Orde Baru, di mana hal tersebut ikut mentransformasikan masyarakat desa dengan bekerja di kota pada pagi hari dan kembali ke desa pada sore hari. Secara lokal istilah tersebut dikenal sebagai Glidik. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk memahami dinamika glidik dan kontribusinya terhadap perbaikan ekonomi keluarga di Pedukuhan Sompok, Desa Sriharjo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, yang berjarak sekitar 20 kilometer dari sebelah Selatan Kota Yogyakarta. Metode studi kasus (case study) digunakan untuk mencapai tujuan penelitian  dengan  khalayak  sasaran  warga  pelaku  glidik  di  luar  desa  yang berasal dari Pedukuhan Sompok. Teknik pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa   kecenderungan untuk bekerja di sektor non pertanian diperkotaan mulai berkembang di masyarakat dengan  di  dukung  oleh  tersedianya  sarana  transportasi  yang  memudahkan masyarakat untuk beralih mencari kerja di sektor informal. Glidik bagi masyarakat Sompok tidak hanya membantu mengurangi beban perekonomian dan masalah sosial (pengangguran terbuka dan kemiskinan) di masyarakat, namun  glidik  juga  berkontribusi  penuh  untuk  memenuhi  keperluan  rumah tangga   jangka   panjang   masyarakat   di   Pedukuhan   Sompok,   baik   untuk kebutuhan primer seperti konsumsi, maupun untuk pemenuhan kebutuhan- kebutuhan yang bersifat sekunder. Hal ini terbukti dari hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa penghasilan dari bekerja sebagai glidik pada keluarga di Pedukuhan Sompok tidak lagi digunakan untuk sekedar pemenuhan materi semata, namun juga memenuhi konsep penyimpanan (saving).

 Kata Kunci: Glidik, Ekonomi Masyarakat Desa, Konsep Saving


Full Text:

PDF

References


. 1992. Teorimigrasi: Volume 3 dari Pusat Penelitian Kependudukan. Seri terjemahan. Penerbit Pusat Penelitian Kependudukan Universitas Gadjah Mada.

. 1994. Sejarah Daerah Jawa

Tengah. Depdikbud Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Sejarah Nasional. Jakarta

Caroline B. Brettell and James F. Hollifield, eds.Migration Theory: Talking Across Disciplines, 2nd Edition. New York: Routledge.

Lipton, Michael. 1977. Why Poor People Stay Poor: Urban Bias in World Development. Harvard University Press.

Li, Tania Murray. 2002. Proses Transformasi Daerah Pedalaman di Indonesia. Jakarta: YayasanObor Indonesia.

Michael P. Todaro, Stephen C. Smith. 2009. Economic Development. Addison- Wesley.

Nain, Ahmad ShukriMohd., Rosman Md. Yusoff. 2003. Konsep, Teori, DimensidanIsu Pembangunan. UniversitiTeknologi Malaysia.

Pande Made Kutanegara. Akses Terhadap Sumber Daya dan Kemiskinan di Pedesaan Jawa. Jurnal Humaniora Volume XII, No. 3/2000.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM- Des) Tahun 2015-2020 Desa Sriharjo Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. 2015.

DAFTAR INFORMAN

Ngadiran (Sekretaris Desa Sriharjo). (Wawancara hari sabtutanggal 06 Juni 2015 pukul 09:15 WIB)

Mujiyo (68 tahun). (Wawancara hari sabtu tanggal 6 Juni 2015 pukul 14:40 WIB)

Wanari (52 tahun). (Wawancara hari sabtu tanggal 6 Juni 2015 pukul 15:55 WIB)

Tukiran (45 tahun). (Wawancara hari sabtu tanggal 6 Juni 2015 pukul 17:15 WIB)

Karmiati (22 tahun). (Wawancara hari sabtu tanggal 6 Juni 2015 pukul 19:45 WIB)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI JURNAL SOSIOLOGI USK (MEDIA PEMIKIRAN & APLIKASI): Gedung Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,  Universitas Syiah Kuala, Jln. Tgk Tanoh Abee, Darussalam Banda Aceh, Aceh 23111.Telp. (0651)7555267. eMail: sosiologiusk@gmail.com 

 

Lisensi Creative Commons

All publication by Jurnal Sosiologi USK are licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional