Peranan Kepala Desa Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Budidaya Ikan Lele Didesa Talang Ipuh Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin)

Gita Isyanawulan, B Budiawan

Abstract


Budidaya ikan lele bila ditekuni serius mendatangkan laba yang menggiurkan.  Pasalnya,  pasar  ikan  di  Indonesia  masih  tergolong  besar karena jumlah penduduk yang besar. Hal ini lah yang dilakukan oleh masyarakat desa Talang Ipuh kebupaten banyuasin sumatera selatan dengan dukungan dan peran serta dari pemerintahan Desa serta lahan yang tersedia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan atau melukiskan suatu peristiwa untuk diambil kesimpulan secara umum. Informan yang digunakan diambil secara acak random dan dilakukan wawancara mendalam. Dengan dibentuknya peternak ikan lele di Desa Talangi puh semua anggota kelompok yang mampu memenuhi kebutuhannya melalui daya beli yang baik itu disebabkan dari hasil ekonomi panen lele organik, hasil panen yang cukup maka akan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan cukup.

 

 

Kata kunci: Peranan Kepala Desa, Budidaya Ikan Lele

Full Text:

PDF

References


Anwar. Syaifudin. 2006. Pendekatan Kualitatif. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: RinekaCipta.

Buku Dokumentasi Desa Talang Ipuh. Kantor Kepala Desa Talang Ipuh. Kabupaten Banyuasin. 2014.

Buku Pedoman Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2005 Tentang Desa. Gunawan., Surya. 2014. Kupas Tuntas Budidaya dan Bisnis Lele. Jakarta.

Kementrian Desa. 2014. Regulasi Baru Desa Baru Ide, Visi, Misi dan Semangat UU Desa. Jakarta.Masri Singarimbun, dan Sofian Efendi (ed). (1995). Metode Penelitian Survay. Cetakan 2. Jakarta: LP3ES.

Miles, Matthew B., dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. UI Press. Jakarta.

Muh Hanafiah, Ali. 2010.Fenomena Pembangunan Desa. Jakarta. Gramedia.

Sanafiah Faisal. 2005. Format-format Penelitian Sosial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rahadjo, 2010. Pembangunan Pedesaan. Jakarta. Graha


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI JURNAL SOSIOLOGI USK (MEDIA PEMIKIRAN & APLIKASI): Gedung Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,  Universitas Syiah Kuala, Jln. Tgk Tanoh Abee, Darussalam Banda Aceh, Aceh 23111.Telp. (0651)7555267. eMail: sosiologiusk@gmail.com 

 

Lisensi Creative Commons

All publication by Jurnal Sosiologi USK are licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional