Pemasaran Sosial “Vasektomi” Pada Pria

Rudy Kurniawan

Abstract


Salah satu program KB yang sedang digalakkan oleh BKBPPPA Kota Prabumulih adalah program KB bagi kaum laki-laki. Program KB untuk kaum laki-laki ini diharapkan dapat  membantu dalam menekan angka kelahiran. Kampanye sosial dalam mensoialisasikan program KB kepada kaum laki-laki yang dilaksanakan selama inibelum menunjukkan hasil yang nyata. Permasalahannyaantara lain kurangnya partisipasi khalayak karena tidaktepatnya strategi yang digunakan. Strategi harusnyadisusun sesuai dengan kebutuhan dan karakteristiksasaran serta mempertimbangkan berbagai  faktor  yangberpengaruh  nyata  terhadap  tingkat  partisipasinya. Untuk meningkatkan akseptor KB pria yang menggunakan MOP maka BKBPPPA Kota Prabumulih menggunakan strategi personal selling   atau motivator KB untuk mengkampanyekan MOP kepada kaum pria. Penggunaan strategi ini lebih efektif dan efesien karena motivator dalam mengkampanyekannya  melalui  pendekatan  persuasif  dan  sistem  multiple level marketing yaitu sistem reward bagi mereka yang dapat membawa calon akseptor dan mereka bersedia mau menjadi akseptor  MOP. Namun, yang menjadi kendala adalah pemahaman masyarakat bahwa penggunaan vasektomi dilarang agama.

 

Kata Kunci: KB, MOP, vasektomi, motivator KB


Full Text:

PDF

References


BKKBN. Panduan Pelayanan Keluarga Berencana dan KesehatanReproduksi Berwawasan Gender. Jakarta: BKKBN. 2002.

BKKBN. Bunga Rampai: Bahan Pembelajaran Pelatihan Pengarusutamaan Gender Dalam Program Pembangunan Nasional. Jakarta. BKKBN. 2003.

Hasan, M. Ali. Masail Fiqhiyah al- Hadistah Pada Masalah- Masalah Kontemporer Hukum Islam, Cetakan I. Surabaya: PT RajaGrafindo Persada.

Khalaft, Abdul Wahab.Kaedah- Kaedah Hukum Islam. Bandung: Rajawali1983

Kotler, Philip and Eduardo L.

Roberto. 1989. Social Marketing: Strategies for Changing Public Behav Behaviour. New York: The Free Press ADivision Of

Macmillan.Inc.

Kurniawan, Rudy. 2013. Strategi Monitoring Keluarga Berencana Dan Pembentukkan BKBPPPAKota Prabumulih. Laporan Penelitian. Unsri: Pusat Studi Budaya dan Kependudukan.

Peter dan Olson, 1996. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. D. Sihombing (penerjemah).

Consumen Behavior.

Gelora Aksara

Pratama. Jakarta.

Soemanagara. 2008. Strategi

Marketing Communication. Bandung: Alfabeta.

Supranto dan Nandan, 2007.

Perilaku Konsumen dan

Stretegi Pemasaran. Jakarta Mitra Media.

Suyanto. 2007. Marketing Strategy.

Yogyakarta: Andi

Website

http://majalahkesehatan.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI JURNAL SOSIOLOGI USK (MEDIA PEMIKIRAN & APLIKASI): Gedung Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,  Universitas Syiah Kuala, Jln. Tgk Tanoh Abee, Darussalam Banda Aceh, Aceh 23111.Telp. (0651)7555267. eMail: sosiologiusk@gmail.com 

 

Lisensi Creative Commons

All publication by Jurnal Sosiologi USK are licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional