EVALUASI KOMPETENSI PEDAGOGIK, KEPRIBADIAN, SOSIAL DAN PROFESIONAL GURU PENJASORKES SEKOLAH DASAR

Supawi .

Abstract


Abstrak: Demi mewujudkan pendidikan yang bermutu dan berkualitas, seorang guru harus memiliki empat kompetensi yakni kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Permasalahan yang ditemukan adalah guru Penjasorkes Sekolah Dasar Kabupaten Aceh Besar relatif belum memiliki keempat kompetensi dasar tersebut ini tercermin dari kemampuan mereka dalam mengajar, mengelola kelas dan belum memiliki tanggung jawab profesi. Tujuan penelitian untuk mengetahui Kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional guru Penjasorkes Sekolah Dasar Kabupaten Aceh Besar. Jenis penelitian yaitu evaluasi dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Populsi penelitian ini seluruh Sekolah Dasar Kabupaten Aceh Besar yang berjumlah 204 Sekolah, dengan teknik purposive sampling maka sampel penelitian ini adalah 3 kecamatan sebagai kecamatan sampel yang di setiap kecamatan tersebut diambil 3 Sekolah Dasar sebagai sampel yaitu sekolah yang berkategori maju, sedang dan tertinggal. Sehingga ditetapkan sampel sebanyak 9 orang guru Penjasorkes dan 9 kepala Sekolah Dasar Kabupaten Aceh Besar. Instrumen untuk mengukur empat kompetensi guru Penjasorkes tersebut menggunakan skala penilian likert. Analisis data dengan cara mereduksi dan menginterpretasi data hasil penelitian. Hasil penelitian kompetensi pedagogik berada pada kategori tidak baik, kompetensi kepribadian berada pada kategori baik, kompetensi sosial berada pada kategori kurang baik, dan kompetensi profesional berada pada kategori tidak baik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.