HUBUNGAN KONSEP DIRI, POLA HIDUP SEHAT DAN KEBUGARAN JASMANI DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI

M. Ziad

Abstract


Abstrak: Pestasi belajar pendidikan jasmani dipengaruhi oleh faktor fisiologis yaitu kondisi fisik yang dalam hal ini adalah kebugaran Jasmani dan faktor psikologis yang didalamnya terdapat aspek konsep diri dan pola hidup sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri, pola hidup sehat dan kebugaran jasmani dengan prestasi belajar pendidikan jasmani siswa Madrasah Aliyah Kabupaten Aceh Besar Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Kabupaten Aceh Besar Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 830 siswa. Berdasarkan acuan pengambilan sampel 10% dari jumlah populasi maka didapat sampel 62 siswa laki laki dan 13 siswa perempuan sehingga  jumlah sampel secara keseluruhan adalah 75 siswa. Dari hasil analisis data yang dapat diperoleh hasil penelitian, koefisien korelasi konsep diri (X1) dengan  prestasi belajar pendidikan jasmani (Y) siswa sebesar 0.27 dengan rhitung> rtabel (0.27 >0.227) sehingga terdapat hubungan Xdengan Y. Koefisien korelasi pola hidup sehat (X2) dengan  prestasi belajar pendidikan jasmani (Y) siswa sebesar 0.37 dengan rhitung> rtabel (0.37 >0.227) sehingga terdapat hubungan X2 dengan Y. Koefisien korelasi kebugaran jasmani (X3) dengan prestasi belajar pendidikan jasmani (Y) siswa sebesar 0.27 dengan rhitung> rtabel  (0.27>0.227) sehingga terdapat hubungan antara Xdengan Y. Koefisien korelasi secara bersama-sama konsep diri, pola hidup sehat dan kebugaran jasmani dengan  prestasi belajar Pendidikan Jasmani sebesar 0.51 untuk taraf signifikansi α=0.05 dan n  = 75, dengan rtabel=0.227 dan rhitung=0.51 dapat disimpulkan bahwa rhitung> rtabel   (0.51>0.227), sehingga terdapat hubungan konsep diri, pola hidup sehat dan kebugaran jasmani dengan  prestasi belajar  Pendidikan  Jasmani  siswa  Madrasah  Aliyah  Kabupaten  Aceh  Besar  Tahun  Pelajaran 2012/2013. Dari penghitungan pengujian hipotesis diperoleh Fhitung=8,320 sedangkan nilai Ftabel=2,73 yang artinya Fhitung  = 8,320 > dari nilai Ftabel=2,73 (Fhitung  lebih besar dari Ftabel). Berarti hipotesis yang penulis ajukan diterima kebenarannya.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.