EVALUASI DAN TANGGAPAN STAKEHOLDER TERHADAP STRATA PENDIDIKAN GURU PENDIDIKANJASMANI

Jafaruddin .

Abstract


Abstrak:  Keberhasilan kinerja  strata  pendidikan guru  pendidikan  jasmani  di  Kabupaten  Pidie  secara keseluruhan yang melibatkan stakeholder selama ini belum berjalan maksimal, sehingga harus melakukan sinergisasi dan membangun hubungan koordinasi di mana tugas masing-masing harus dipegang, ditaati dan dilaksanakan dengan tepat sesuai harapan bersama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat strata pendidikan guru  pendidikan jasmani di  Kabupaten Pidie, tanggapan stakeholder terhadap guru pendidikan jasmani di  Kabupaten Pidie  serta kinerja dan  proses pelaksanaan evaluasi terhadap guru pendidikan jasmani di Kabupaten Pidiedengan jumlah sampel 22 sekolah. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian survei. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara (interview). Data dianalisis dengan mentabulasi hasil pengamatan ke dalam tabel dan grafik untuk mengetahui strata pendidikan guru pendidikan jasmani di Kabupaten Pidie. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strata pendidikan guru pendidikan jasmani di Kabupaten Pidie masih bervariasi diantaranya berpendidikan Sarjana dan Magister. Tanggapan stakeholder terhadap kompetensi guru pendidikan jasmani di Kabupaten Pidie yaitu latar belakang pendidikan guru pendidikan jasmani dengan mata pelajaran yang diajarkan yaitu sudah sesuai dan relevan. Selain itu evaluasi terhadap guru pendidikan jasmani dilakukan oleh  pengawas  yang  ditugaskan  oleh  dinas  pendidikan  untuk  setiap  rayon.  Selain  pengawasan  yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan, kepala sekolah yang memimpin di masing-masing sekolah juga turut serta dalam melakukan evaluasi terhadap kinerja guru pendidikan jasmani.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.