HUBUNGAN KEMAMPUAN PSIKOMOTOR DENGAN PENCAPAIAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Zainuddin .

Abstract


Abstrak: Kemampuan psikomotor yang dihasilkan dari penerapan pembelajaran Penjas di sekolah menjadi modal dalam mencapai prestasi belajar, pengembangan intelektual, komitmen, semangat dan keberhasilan belajar. Kemampuan psikomotor ditandai meningkatnya fungsi kesegaran jasmani, memiliki daya tahan, dan kemampuan didalam mempertahankan eksistensi belajar yang bermutu, tidak cepat jenuh, memiliki kesegaran mental untuk berfikir jernih, disamping dapat menambah kemauan dan kemampuan belajar yang berkualitas. Permasalahannya adalah bagaimana kualitas proses belajar mengajar pendidikan jasmani yang berkualitas di sekolah, bagaimana konsentrasi pembinaan kondisi psikomotor yang diterapkan pada siswa, apakah kondisi psikomotor berpengaruh kepada pencapaian prestasi belajar siswa, apakah siswa berprestasi memiliki kemampuan psikomotor yang baik,bagaimana hubungan pembinaan psikomotor dengan kondisi intelektual siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan kemampuan psikomotor siswa dengan kemampuan pengetahuan siswa, dan untuk mengetahui hubungan antara prestasi intelektual belajar dengan kemampuan psikomotor siswa sebagai hasil belajar siswa  di  sekolah,  dan  untuk  mengetahui  usaha  pembinaan  kesegaran  jasmani  siswa  juara  kelas. Penelitian ini mengambil subjek 45 orang siswa juara kelas, mengumpulkan data dengan mengambil nilai prestasi belajar dan nilai kemampuan psikomotor, mengolah data dengan menghitung r-tes dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan Psikomotor dengan hasil prestasi belajar siswa juara kelas pada SMP Negeri 1 Peusangan Kabupaten Bireuen. Siswa tidak memiliki nilai psikomotor yang cukup untuk mendukung kepentingan belajarnya yang berhasil di sekolah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.