HUBUNGAN MOTOR EDUCABILITY, INDEKS MASSA TUBUH DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENJASORKES

Myrza Akbari

Abstract


Abstrak: Prestasi belajar pendidikan jasmani dipengaruhi oleh faktor fisiologis dan psikologis. faktor fisiologis   yaitu keadaan fisik yakni, motor educability dan indeks massa tubuh, sedangkan psikologis yakni motivasi dan prestasi belajar Penjasorkes siswa SUPM Negeri Ladong Aceh Besar tergambar baik baik, ini diketahuidari nilai rata-rata pendidikan jasmani   siswa yang   mampu melewati KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 7,5. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan Motor Educability (X1), Indeks Massa Tubuh (X2) dan motivasi belajar (X3) dengan prestasi belajar (Y)  Penjasorkes siswa SUPM Negeri Ladong Aceh Besar Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini penelitian deskriptif korelasional. Sampel 34 siswa SUPM Negeri Ladong. Instrumen yang digunakan motor educability test, indeks  massa  tubuh,,  instrument  motivasi  belaja  serta  nilai  raport  siswa.  Hasil  analisis  diperoleh terdapat hubungan X1 dengan Y dengan koefisien korelasi sebesar 0,48. Terdapat hubungan X2 dengan Y dengan koefisien korelasi sebesar 0,65. Terdapat hubungan antara X3 dengan Y dengan koefisien korelasi sebesar o,35. Koefisien korelasi secara bersama-sama X1, X2, X3 dengan Y sebesar 0,88. Dengan rtabel=0.339 dapat disimpulkan bahwa rhitung>  rtabel  (0,88>0,339), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat  hubungan  Motor Educability, Indeks  Massa  Tubuh  dan Motivasi  Belajar  dengan    prestasi belajar Penjasorkes siswa SUPM Negeri Ladong Aceh Besar Tahun Pelajaran 2012/2013.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.