HUBUNGAN KECERDASAN INTELEKTUAL, EMOSIONAL DAN SPIRITUAL DENGAN KINERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI

Mukhtar .

Abstract


Abstrak: Kinerja seseorang guru termasuk guru pendidikan jasmani dapat dikaitkan dengan kecerdasan intelektual, emosional dan kecerdasan spritual guru yang bersangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan intelektual, emosional dan kecerdasan spritual dengan kinerja guru pendidikan jasmani. Populasi dan sampel penelitian guru pendidikan jasmani  SMA Negeri Kabupaten Pidie berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument itelektual, emosional, spritiual dan kinerja guru.Data dianalisis dengan uji korelasi product moment. Hasil penelitian bahwa secara umum guru pendidikan jasmani di Kabupaten Pidie memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi. kecerdasan emosional dan kecerdasan spritual tergolong tinggi danjuga kecerdasan emosional tinggi serta mimiliki kinerja yang baik. Kecerdasan intelektual dengan kinerja nilai koefisien korelasi (r) 0,640, kecerdasan  emosional  dengan  kinerja  nilai  koefisien  korelasi  (r)  0,574,kecerdasan  spritual  dengan kinerja   nilai koefisien korelasi (r) 0,682. Secara simultan kecerdasan emosional, intelektual dan kecerdasan spritual memiliki hubungan yang signifikan dengan kinerja guru pendidikan jasmani Kabupaten Pidie. Hal ini ditunjukkan nilai koefisien korelasi (r) 0,760.

 

Kata Kunci: Kinerja Guru, Kecerdasan Intelektual, Emosional, Sipritual.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.