REMEDIASI MISKONSEPSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI FLUIDA STATIS

Kana Dhiean Zukhruf, Ibnu Khaldun, Suhrawardi Ilyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan profil miskonsepsi siswa MAN Rukoh Banda Aceh pada materi fluida statis, menganalisis penyebab terjadinya miskonsepsi, dan mempelajari sejauh mana miskonsepsi dapat diremediasi dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dan respons siswa terhadap media pembelajaran interaktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental dengan one-group pretest and posttest design dan metode deskriptif untuk mendeskripsikan respons siswa terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X-IA2  di MAN Rukoh Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian adalah siswa kelas X-IA2 yang berjumlah 23 orang, terdiri atas 6 orang pria dan 17 orang wanita. Pengumpulan data dilakukan melalui pretes dan postes yang dilengkapi matrik keputusan three-tier test, dan angket respons siswa. Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint. Kesimpulan diambil berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data dengan menggunakan ProAnaltes. Hasil pretes menunjukkan siswa yang mengalami miskonsepsi sangat tinggi dan setelah diberikan treatment terjadi penurunan miskonsepsi yang sangat signifikan. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata nilai N-gain pada setiap siswa dengan kategori sedang. Hasil analisis data juga menunjukkan bahwa rata-rata penurunan kuantitas miskonsepsi pada setiap siswa dengan kategori tinggi. Respon siswa terhadap media interaktif baik dan positif. Siswa antusias dalam berdiskusi dan bertanya. Disimpulkan bahwa remediasi miskonsepsi menggunakan media pembelajaran interaktif secara keseluruhan dapat mengatasi miskonsepsi siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Sains Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.