Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Termokimia

Erlidawati Erlidawati, Habibati Habibati

Abstract


Proses pembelajaran yang dilakukan pada mata pelajaran kimia di SMA masih sering menggunakan metode ceramah sehingga mengakibatkan peserta didik cenderung pasif di kelas. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik Kelas XI melalui penerapan model discovery learning pada pokok bahasan termokimia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan bersiklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IA 2 pada salah satu SMAN terakreditasi A di kota Banda Aceh yang berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kajian dokumen, observasi, tes, dan jurnal belajar peserta didik. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, persentase ketercapaian aktivitas belajar peserta didik sebesar 20,93%  yang kemudian meningkat menjadi 83,72% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar dilihat dari aspek kognitif pada siklus I mencapai 36,36%  dan meningkat pada siklus II menjadi 63,64%, dari aspek afektif ketuntasan untuk siklus I sebesar 60,61%  dan meningkat pada siklus II menjadi 84,85%. Hasil belajar peserta didik pada aspek psikomotorik diperoleh capaian sebesar 30,30% pada siklus I dan 63,64% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini ialah penerapan model discovery learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi termokimia.


Full Text:

PDF

References


Agustina, D.T., Cahyono, E., & Widiarti, N. 2019. Keefektifan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Chemistry in Education, 8(1):1-10.

Amalia, I.N., Nuswowati, M., & Nurhayati, S. 2018. Studi kasus terhadap pencapaian kompetensi kognitif pada pembelajaran discovery learning. Chemistry in Education, 7(2):54-61.

Arikunto, S. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

De Jong, T. & Van Joolingen, W. 1998. Scientific discovery learning with computer simulations of conceptual domains. Review of Educational Research, 68(2):179-202.

Desti, J. 2019. Peningkatan aktifitas belajar kimia peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif discovery learning di kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Pulau Punjung. Inovasi Pendidikan, 6(1):67-77.

Fitri, L. & Nofianti. 2019. Penggunaan model pembelajaran discovery learning melalui media word square untuk meningkatkan keaktifan dan ketuntasan belajar siswa pada pokok bahasan larutan elektrolit dan non elektrolit dan koloid di kelas X kimia analisis SMKN 2 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 4(1):48-60.

Istiana, G.A., Saputro, A.N.C., & Sukardjo, J.S. 2015. Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pokok bahasan larutan penyangga pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ngemplak tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(2):65-73.

Istiqamah, I., Sugiarti, S., & Wijaya, M. 2019. Perbandingan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis melalui model pembelajaran discovery learning dan direct instruction. Chemistry Education Review, 3(1):17-30.

Khabibah, E.N., Masykuri, M., & Maridi. 2017. The effectiveness of module based on discovery learning to increase generic science skills. Journal of Education and Learning, 11(2):146-153.

Loc, N.P. & Viet, N.Q. (2017). Junior school teachers’ opinions on teaching topic ‘trapezoid’ by discovery learning: the investigation in Dong Thap province, Vietnam. European Journal of Education Studies, 3(5):143-149.

Luthfi, A.I., Danial, M., & Wijaya M. M. 2016. Perbandingan metode pemberian tugas kelompok dengan kerja individu pada model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik SMAN 1 Tondang Tallasa Kabupaten Pangkep (studi pada materi termokimia). Jurnal Chemica, 17(1):58-66.

Martaida, T., Bukit, N., & Ginting, E.M. 2017. The effect of discovery learning model on student’s critical thinking and cognitive ability in junior high school. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 7(6):1-8.

Martthep, P. 2015. A comparison of HTML website creation learning achievement of matthayom 4 students between the use of discovery learning programme and inquiry-based learning. Sakon Nakhon Rajabhat University Journal, 7(13):111-122.

Medianty, S.U., Bahar, A., & Elvinawati. 2018. Penerapan model discovery learning dengan menggunakan media video untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 2(1):58-65.

Meiliawati, R. 2018. Pemahaman konsep sifat keperiodikan unsur pada mahasiswa pendidikan kimia semester IV tahun ajaran 2016/2017 hasil pembelajaran menggunakan model discovery learning. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 9(1):1-14.

__________. 2019. Pemahaman konsep sifat jari-jari atom dan keelektronegatifan pada mahasiswa pendidikan kimia semester IV tahun ajaran 2016/2017 hasil pembelajaran menggunakan model discovery learning. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 10(1):38-45.

Muspahaji, M. 2019. Peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa melalui penerapan pembelajaran model discovery learning (DL) pada materi kimia unsur kelas XII IPA SMAN 2 Kudus. Jurnal Thabiea, 2(2):105-110.

Nurwahida, Danial, M., & Mansyur. 2018. Pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis discovery learning pada materi larutan penyangga di Kelas XI SMA. Chemistry Education Review (CER), 2(1):42-60.

Ott, L.E., Carpenter, T.S., Hamilton, D.S., & LaCourse, W.R. 2018. Discovery learning: Development of a unique active learning environment for introductory chemistry. Journal of the Scholarship of Teaching and learning, 18(4):161-180.

Palupi, M.D., Sudarmin, & Wardani, S. 2018. Penerapan discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran bermuatan etnosains. Chemistry in Education, 7(1):77-83.

Pilawan, A. & Hoxsuwan, S. 2018. The result of using web-based learning with the discovery method and the tutorial model toward problem solving ability in science, sound, and hearing, Prothomsuksa 5 students. Journal of Education, Mahasarakham University, 12(3), 260-271.

Purba, G.I.D., Surya, E., Manullang, M., & Asmin. 2018. The effect of students’ worksheet in the model of discovery learning against the students’ ability of reasoning and mathematical communication in the faculty of mathematics and natural science of state university of Medan. Internasional Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 37(3):70-82.

Puspitadewi, R., Saputro, A.N.C., & Ashadi. 2016. Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI MIA 3 semester genap SMAN 1 Teras tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 5:114-119.

Prakasiwi, R. & Ismanto, B. 2018. Efforts to improve scientific thinking skills through application discovery model-based learning environment around. Journal of Educational Science and Technology, 4(3):151-158.

Putri, I.S., Juliani, R., & Lestari, I.N. 2017. Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2):91-94.

Raharjo, T.J., Kisworo, B., & Harianingsih. 2019. The implementation effect of discovery learning model for non-formal education student. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 9(9):297-306.

Rambe, J.A., Sinaga, B., & Yusnadi. 2018. The development of learning devices based on discovery learning to improve mathematical creative thinking ability of students class V at SD Negeri 060827 Medan Amplas. Journal of Education and Practice, 9(9):72-79.

Retno, A.T.P., Saputro, S., & Ulfa, M. 2018. Properness tess: development of inquiry-based learning module to improve science literacy in thermochemistry subject. AIP Conference Proceedings. (Online), https://doi.org/10.1063/1.5062822.

Rismawati, Ratman, & Dewi, A.I. 2016. Penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan pemahaman konsep energi panas pada siswa Kelas IV SDN No. 1 Balukang 2. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(1):199- 215.

Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A. 2016. Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1):371-380.

Saab, N., Van Joolingen, W.R., & Van Hout-Wolters, B.H.A.M. 2007. Supporting communication in a collaborative discovery learning environment:the effect of instruction. Instructional Science, 35(1):73-98.

Samputri, S. 2020. Science process skills and cognitive learning outcomes through discovery learning models. European Journal of Education Studies, 6(12):181-189.

Sari, J., Bahar, A., & Handayani, D. 2017. Studi komparasi antara model pembelajaran discovery learning dan group investigation terhadap hasil belajar kimia siswa. Alotrop: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 1(1):60-65.

Saridewi, N., Suryadi, J., & Hikmah, N. 2017. The implementation of discovery learning method to increase learning outcomes and motivation of student in senior high school. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 3(2):124-133.

Sugiyanti, K., Degeng, I.N.S., Suyitno, I., & Kuswandi, D. 2019. Discovery learning and learning motivation in improving student learning outcomes. International Research Journal of Multidisciplinary Studies, 5(12):1-7.

Sulistyaningsih. 2019. Peningkatan hasil belajar kimia pada sel elektrokimia melalui model discovery learning. Jurnal Pendidikan Riset dan Konseptual, 3(2):123-127.

Suyati & Sutiani, A. 2018. Upaya meningkatkan hasil belajar kimia siswa melalui model pembelajaran discovery learning pada materi termokimia di MAN 2 Model Medan. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 24(1):22-27.

Syah, M. 2004. Psikologi Belajar. Bandung: Grafindo Persada.

Wulandari, M.D., Sarwi, & Yulianto, A. 2018. Development of discovery learning model using scientific approach to increase student’s comprehension and communication skills. Journal of Innovative Science Education, 7(2):223-228.

Wulandari, D.G.R. & Mustadi, A. 2019. Comparison of discovery and inquiry model: which model is more effective in natural science (IPA) learning? International Journal of Educational Research Review, 711-718.

Zulpianti, Paputungan, M., & Rumape, O. 2017. keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tapa terhadap konsep termokimia menggunakan metode praktikum. Jurnal Entropi, 12(2):165-172.




DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 erlidawati erlidawati, habibati habibati

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.