Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan di Kelas XI SMA

Ruqiah Ganda Putri Panjaitan, Titin Titin, Neuwidia Nuzul Putri

Abstract


Sistem pernafasan merupakan salah satu materi yang dianggap sebagai materi yang sulit untuk dipahami karena organ penyusun dan proses pernafasannya tidak dapat dilihat secara langsung. Multimedia interaktif berperan dalam meningkatkan pemahaman dan berdampak postif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif berbasis game edukasi yang valid digunakan sebagai media pembelajaran. Bentuk penelitian ini adalah research and development dengan model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi. Tahap-tahap dalam penelitian ini yaitu analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Untuk mengetahui validitasnya, media divalidasi oleh ahli media dan ahli materi dengan menggunakan instrumen berupa angket validasi kelayakan media. Aspek yang diukur untuk validitas media meliputi aspek umum, rekayasa lunak, komunikasi visual, dan komunikasi audio, sedangkan untuk validitas materi meliputi aspek pembelajaran dan materi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor validasi berturut-turut 3,67; 3,54; 3,47; dan 3,23 untuk aspek umum, rekayasa lunak, komunikasi visual, dan komunikasi audio. Adapun rata-rata skor validasi untuk aspek pembelajaran dan materi adalah 3,60 dan 3,66. Secara keseluruhan bahwa rata-rata validitas media dan validitas materi pada multimedia interaktif adalah 3,48 dan 3,63 yang termasuk pada kategori valid. Disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis game edukasi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas XI SMA pada materi sistem pernapasan.


Keywords


educational games, interactive multimedia, learning media

Full Text:

PDF

References


Adyani, L., Agustini, R., & Raharjo. 2015. Pengembangan perangkat pembelajaran berbantuan media animasi interaktif berbasis game edukasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 4(2):648-657.

Aldoobie, N. 2015. ADDIE model. American International Journal of Contemporary Research, 5(6):68-72.

Anggraeni, R.D. & Kustijono, R. 2013. Pengembangan media animasi fisika pada materi cahaya dengan aplikasi flash berbasis android. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya, 3(1):1-18.

Desriana, D., Amsal, A., & Husita, D. 2018. Perbandingan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis lingkungan dengan media internet dalam pembelajaran asam basa di MAN Indrapuri. JIPI (urnal IPA dan Pembelajaran IPA), 2(1):50-55.

Fatmala, D. & Yelianti, U. 2016. Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis android pada materi Plantae untuk siswa SMA menggunakan eclipse galileo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 2(1):1-6.

Hidayatussaadah, R., Hidayati, S., & Umniyati, S. 2016. Identifikasi kesulitan belajar siswa pada materi Archaebacteria dan Eubacteria di SMA Negeri 1 Muntilan. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi, 5(7):58-69.

Kartikasari, G. 2016. Pengaruh media pembelajaran berbasis multimedia terhadap motivasi dan hasil belajar materi sistem pencernaan manusia (studi eksperimen pada siswa kelas V MI Miftahul Huda Pandantoyo). Jurnal Dinamika Penelitian, 16(1):59-77.

Kusmanagara, Y., Marisa, F., & Wijaya, I.D. 2018. Membangun aplikasi multimedia interaktif dengan model tutorial sebagai sarana pembelajaran bahasa Kanton. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 3(2):1-8.

Kusmayadi, Suyitno, I., & Maryaeni. 2017. Pengembangan multimedia cerita rakyat sebagai penumbuhan karakter siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(7):902-909.

Lukman, S., Rindarjono, M.G., & Karyanto, P. 2016. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan STAD Terhadap hasil belajar geografi ditinjau dari motivasi belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jatinom Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal GeoEco, 2(2):114-127.

Mair, Z.R. & Supriadi, T. 2017. Media pembelajaran sistem pernapasan pada manusia berbasis multimedia. Jurnal Teknik Informatika Politeknik Sekayu, VI(1):20-30.

Muruganantham, G. 2015. Developing of e-content package by using ADDIE model. International Journal of Applied Research, 1(3):52-54.

Nurbaiti, Panjaitan, R.G.P., & Titin. 2017. The properness of adobe flash basis interactive media for respiratory system learning material. Unnes Science Education Journal, 6(3):1662-1668.

Panjaitan, R.G.P., Savitri, E., & Titin. 2016. Pengembangan media e-comic bilingual sub materi saluran dan kelenjar pencernaan. Unnes Science Education Journal, 5(3):1379-1387.

Panjaitan, R.G.P., Lijana, & Wahyuni, E.S. 2019a. The use of comic as learning medium for ecology. Unnes Science Education Journal, 8(1):41-45.

Panjaitan, R.G.P., Titin, & Santoso, R. 2019b. Film dokumenter pemanfaatan tumbuhan berkhasiat obat sebagai media pembelajaran materi sistem pencernaan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(2):121-13.

Panjaitan, R.G.P., Wahyuni, E.S., & Mega. 2019c. Film dokumenter sebagai media pembelajaran submateri zat aditif. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2):52-59.

Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. 2019. Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual pada materi koloid untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(1):9-15.

Primasari, R., Zulfiani, & Herlanti, Y. 2014. Penggunaan media pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri se-Jakarta Selatan. Edusains, VI(1):67-72.

Raisa, S., Adlim, & Safitri, R. 2017. Respon peserta didik terhadap pengembangan media audio-visual. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(2):80-85.

Ritonga, N., Gultom, H.S.B., & Sari, N.F. 2018. Miskonsepsi siswa biologi tentang materi sistem respirasi pada SMA Negeri se-Kabupaten Labuhanbatu. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(1):42-46.

Safryadi, A. (2016). Pembelajaran Biologi Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Pada Manusia Melalui Media Gambar di MTsN Jongar Kabupaten Aceh Tenggara. Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 4(2):143-148.

Saputri, D.Y., Rukayah, & Indriayu, M. 2018. Need assessment of interactive multimedia based on game in elementary school: a challenge into learning in 21st century. International Journal of Educational Research Review, 3(3):1-8.

Sembiring, E.B., Wahyuni, D., & Anurogo, W. 2018. Multimedia interaktif pengenalan hewan dan tumbuhan langka menggunakan model tutorial. Journal of Digital Education, Communication, and Arts, 1(2):103-112.

Soimah, I. 2018. Pengaruh media pembelajaran berbasis komputer terhadap hasil belajar ipa ditinjau dari motivasi belajar siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1): 38-44.

Susanto, Dewi, R.N., & Irsadi, A. 2013. Pengembangan multimedia interaktif dengan education game pada pembelajaran IPA terpadu tema cahaya untuk siswa SMP/MTs. Unnes Science Education Journal, 2(1):230-238.

Wahyuni, S., Emda, A., & Zakiyah, H. 2018. Pengaruh penggunaan media animasi pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 2(1):21-28.

Wahyuningsih, A.N. 2011. Pengembangan media komik bergambar materi sistem saraf untuk pembelajaran yang menggunakan strategi PQ4R. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2):102-110.

Wibawanto, W. 2017. Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.

Wiyono, K., Liliasari, Setiawan, A., & Paulus, C.T. 2012. Model multimedia interaktif berbasis gaya belajar untuk meningkatkan penguasaan konsep pendahuluan fisika zat padat. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(1):74-82.

Yamasari, Y. 2010. Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis ICT yang berkualitas. Proceedings Seminar Nasional Pasca Sarjana X-ITS. Surabaya.

Yanti, H., Wahyuni, S., Maryani, & Putra, P.D.A. 2017. Pengembangan multimedia interaktif disertai drills pada pokok bahasan tekanan di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4):348-355.




DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ruqiah Ganda Putri Panjaitan

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.