Desain Pembelajaran Virtual Laboratorium Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Peserta Didik pada Materi Sistem Ekskresi Manusia

Ristina Ristina, Khairil Khairil, Wiwit Artika

Abstract


Materi sistem ekskresi pada manusia merupakan salah satu materi yang dipandang susah bagi peserta didik SMP kelas 8, terutama sub topik proses filtrasi. Hal tersebut dapat mempengaruhi rendahnya hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan media dan model pembelajaran yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan keaktifan belajar peserta didik setelah penerapan desain pembelajaran virtual laboratorium berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem ekskresi manusia. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest non-eqiuvalent control group design. Sampel di dalam penelitian ini adalah 59 orang yang dipilih secara total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi kelayakan perangkat pembelajaran oleh tim ahli, soal pretest dan posttest, serta lembar observasi aktivitas belajar peserta didik. Teknik analisis data kelayakan instrumen dilakukan oleh tim ahli, hasil belajar peserta didik diukur dengan menggunakan uji N-gain dan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan persentase frekuensi. Hasil analisis peningkatan hasil belajar peserta didik di SMP Methodist Banda Aceh adalah 49%, sedangkan di SMP Budi Dharma Banda Aceh  adalah 45%. Selanjutnya, hasil analisis terhadap aktivitas belajar peserta didik adalah 86,48%, sedangkan di SMP Budi Dharma Banda Aceh adalah 81,25%. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran melalui virtual laboratorium berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatan hasil belajar dan keaktifan belajar peserta didik.

Keywords


Virtual Laboratorium, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar, Sistem Ekskresi Manusia

Full Text:

PDF

References


Al Rabadi, I.G.S., Al Momami, H.O.S., & Al Rabadi, K.I.S. 2013. The effect of using process approach on science achievement and scientific attitudes among jordanian basic stage students. Journal of Education and Practice, 4(20):136-150.

Artika, W. & Saputri, M. 2018. A self-evaluation technique in improving teacher’s professional development: the use of “realia” media and “wait time” strategies. The 6th South East Asia Design Research International Conference (6th SEA-DR IC), IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1088 (2018) 012022, doi :10.1088/1742-6596/1088/1/012022.

Asiksoy, G. & Islek, D. 2017. The impact of the virtual laboratory on students’attitudes in a general physics laboratory. International Journal of Online Engineering (iJOE), 13 (4):20-28.

Bajpai, M. & Kumar, A. 2015. Effect of virtual laboratory on students’ conceptual achievement in physics. International Journal of Current Research, 7(2):12808-12813.

Bulan, S.N., Maharta, N., & Ertikanto, C. 2015. Pengaruh kemampuan inkuiri terhadap hasil belajar fisika berbantuan virtual laboratory. Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UNILA, 3(3):109-122.

Donelly, O’Reily, & McGarr. 2013. Enhancing the student experiment experience: visible scientific inquiry through a virtual chemistry laboratory. Res Sci Educ, 43(4):1571–1592.

Faovor, M.A. & Ayoubi, Z. 2018. The effect of using virtual laboratory on grade 10 students’ conceptual understanding and their attitudes towards physics. Journal of Education in Science, Environment and Health (JESEH), 4(1):54-68.

Friedel, C., Irani, T., & Rudd, R. 2008. Overtly teaching critical thinking and inquiry-based learning: a comparison of two undergraduate biotechnology class. Journal of Agricultural Education, 49(1):72–84.

Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. 2017. Pengaruh penggunaan laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi getaran dan gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2):97-102.

Irianto, A. 2015. Statistik. Jakarta: Kencana.

Junaidi, J., Gani, A., & Mursal, M. 2016. Model virtual laboratory berbasis inkuiri untuk meningkatkan keterampilan generik sains peserta didik MA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4(2):130-136.

Keller, H.E. & Keller, E.E. 2005. Making real virtual labs. The Science Education Review, 4(1):1-10.

Kholifudin, M.Y. 2012. Pembelajaran fisika dengan inkuiri terbimbing melalui metode eksperimen dan demonstrasi ditinjau dari gaya belajar peserta didik. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVI HFI, Jateng dan DIY, Purwerejo pada tanggal 14 April, ISSN 0853-0823, pp. 147-152.

Kurniawati, A., Isnaeni, W., & Dewi. N.R. 2013. Implementasi metode penugasan analisis video pada materi perkembangan kognitif, sosial, dan moral. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2):149-155.

Noor, U.D. 2017. Pengembangan Media Virtual Laboratory Ipa Materi Global Warming Berpendekatan Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Peserta didik Smp Kelas VII. FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Panasan, M. & Prasant, N. 2010. Learning outcome of project-based and inquiry-based learning activities. Journal of Social Science, 6(2):252-255.

Purwanti, B. 2015. Pengembangan media video pembelajaran matematika dengan model assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1):42-47.

Fathur, R. 2012. Pembelajaran biologi model siklus belajar hipotetik deduktif dengan media riil dan media virtuil ditinjau dari kemampuan penalaran analitis dan gaya belajar peserta didik. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 1(3):195-206.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.

Sarwi, Sutardi, & Prayitno, W.W. 2016. implementasi pembelajaran fisika guided inquiry untuk meningkatkan penguasaan konsep dan pengembangan karakter konservasi peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12(1):1-7.

Sesen & Tarhan. 2011. Inquiry-based laboratory activities in electrochemistry high school students’ achievements and attitudes. Science Education, 43(1):413–435.

Sudjana, N. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Suedarti, M. 2017. The effect of learning discovery model on the learning outcomes of natural science of junior high school students Indonesia. International Journal of Environmental & Science Education, 12(10):2213-2216.

Sony, S. & Katkar, M.D. 2014. Survey paper on virtual lab for e-Learners. International Journal of Application in Engineering & Management, 3(1):108-110.

Sholikhah, A.F., Widowati, A., & Wibowo, W.S. 2017. Pengembangan Virtual Laboratory IPA Berpendekatan Inkuiri Terbimbing Terbimbing Materi Transportasi Air Pada Tumbuhan untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Peserta Didik Kelas VIII SMP. FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Tuysuz, C. 2010. The Effect of the virtual laboratory on students' achievement and attitude in chemistry. International Online Journal of Educational Sciences, 2(1):37-53.

Yennita, Mugi, S., & Zulirfan. 2014. Hambatan Pelaksanaan Praktikum IPA Fisika yang Dihadapi Guru SMP Negeri di Kota Pekanbaru. Jurusan PMIPA FKIP. Universitas Riau, 3(1):1-11.




DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.15761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 RISTINA IDRIS

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.