Identifikasi Tingkat Pemahaman Konsep Siswa Menggunakan Tes Diagnostik Three-Tier Multiple Choice pada Materi Hidrokarbon

Susti Vellayati, Cut Nurmaliah, Sulastri Sulastri, Yusrizal Yusrizal, Nurdin Saidi

Abstract


Pemahaman konsep adalah kemampuan seseorang dalam mengartikan, menjelaskan atau mengaplikasikan suatu hal berdasarkan pengetahuan yang telah dipelajari. Tes diagnostik adalah suatu alat yang dapat digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep siswa. Tes yang digunakan pada penelitian ini adalah tes diagnostik three-tier multiple choice dan dikombinasikan dengan media CBT MOODLE. Pada penelitian ini telah dilakukan kajian untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman konsep siswa pada materi hidrokarbon dengan menggunakan tes diagnostik three-tier multiple choice berbasis CBT MOODLE. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 89 orang siswa kelas XI-MIPA SMAN 8 Banda Aceh. Pengumpulan data yang digunakan berupa 16 butir soal tes diagnostik three-tier multiple choice. Analisis data untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep siswa menggunakan metode certainty of respons index (CRI).  Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata siswa yang paham konsep terhadap materi hidrokarbon adalah 30,1% dan dikategorikan bahwa tingkat pemahaman konsep siswa gagal. Rata-rata siswa yang tidak paham konsep terhadap materi hidrokarbon sebesar 47,3%, siswa yang miskonsepsi sebesar 16% dan error sebesar 6,6%. Secara keseluruhan dapat dinyatakan bahwa siswa belum memahami materi hidrokarbon dengan benar sebesar 69,9%.

Full Text:

PDF

References


Afadil & Diah, A.W.M. 2017. Effectiveness of learning materials with science-philosophy oriented to reduce misconception of students on chemistry. Atlantis Press: Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 174:192-196.

Aisyah, Jaenudin, R., & Koryati, D. 2017. Analisis faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 4(1):1-11.

Andayani, Y., Hadisaputra, S., & Hasnawati, H. 2018. Analysis of the level of conceptual understanding. Journal of Physics: Conference Series, 1095:1-6.

Asih, S.K., Sunardi, & Kurniati, D. 2015. Analisis kesalahan siswa dalam memecahkan masalah open ended berdasarkan metode newman pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang di SMPN 11 Jember. Student Research Article (Artikel Penelitian Mahasiswa), 1(1):1-6.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2006. Model Penilaian Kelas. Jakarta: Depdiknas.

Badri, S.S. & Iswendi. 2018. Pengembangan ludo word game sebagai media pembelajaran pada materi hidrokarbon kelas XI SMA. Menara Ilmu, 12(12):70-80.

Chang, R. 2010. Chemistry Edition 10th. Boston: McGram-Hill.

Dafitri, H. 2017. Pemanfaatan wondershare quiz creator dalam tes berbasis komputer. Query: Jurnal Sistem Informasi, 1(1):8-18.

Eky, V.E.C.I., Tika, N., & Muderawan, I.W. 2018. Analisis model mental siswa dalam penggunaan unit kegiatan belajar mandiri tentang hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(1):15-21.

Eriana, Kartono, & Sugianto. 2019. Understanding ability of mathematical concepts and students’ self-reliance towards learning by implementing manipulative props (APM) on jigsaw technique. Journal of Primary Education, 8(2):176-183.

Fakhrurrazi, M., Masykuri, M., & Sarwanto. 2017. Analisis pembelajaran kimia pada materi hidrokarbon dan minyak bumi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, 167-171.

Fahrudhin, A.G., Zuliana, E., & Bintoro, H.S. 2018. Peningkatan pemahaman konsep matematika melalui realistic education berbantu alat peraga bongpas. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1):14-20.

Garas, S. & Hassan, M. 2018. Student performance on computer-based tests versus paper-based tests in introductory financial accounting: UAE evidence. Academy of Accounting and Financial Studies Journal, 22(2):1-14.

Halim, A., Mustafa, Nurulwati, Soewarno, & Nanda, N. 2018. Development of two-tier diagnostic test based on e-learning. Journal of Physics: Conference Series, 1120:1-10.

Jauhariyah, M.N.R., Zulfa, I., Harizah, Z., & Setyarsih, W. 2018. Validity of students’ misconceptions diagnosis on chapter kinetic theory of gases using three-tier diagnostic test. Journal of Physics: Conference Series, 1006:1-12.

Lin, J.W., Yen, M.H., Liang, J.C., Chiu, M.H., & Guo, C.J. 2016. Examining the factors that influence students’ science learning processes and their learning outcomes: 30 years of conceptual change research. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 12(9):2617-2646.

Muntholib, Mayangsari, J., Pratiwi, Y.N., Muchson, Joharmawan, R., Yahmin, & Rahayu, S. 2018. Development of simple multiple-choice diagnostic test of aced-base concept to identify students’ alternative conceptions. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 218:251-268.

Nuryana, D. & Rosyana, T. 2019. Analisis kesalahan siswa SMK dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika pada materi program linear. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1):11-20.

Oktavianita, R., Kurniasih, D., & Fitriani. 2019. Efektivitas penggunaan media KARAMI (kartu rahasia kimia) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon kelas XI IPA MAN Kubu Raya. Ar-Razi: Jurnal Ilmiah, 7(1):19-26.

Oz, H. & Ozturan, T. 2018. Computer-based and paper-based testing: does the test administration mode influence the reliability and validity of achievement tests?. Journal of Language and Linguistic Studies, 14(1):67-85.

Pertiwi, Y.H. & Masykuri, M. 2017. Penerapan TGL-chempuzzle pada pembelajaran hidrokarbon untuk meningkatkan prestasi belajar kimia peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1):111-117.

Putri, D.P. 2017. Model pembelajaran concept attainment dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika. Jurnal Tatsqif: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, 15(1):97-130.

Rahmawati, S.Y.D., Ashadi, & Susilowati, E. 2018. Student’s profile about critical thinking ability on hydrocarbon compounds concept. International Conference on Science and Applied Science (ICSAS) 2018, Surakarta, 12 May, ISBN: 978-0-7354-1730-4, p. 1-6.

Rismawati, M. & Hutagaol, A.S.R. 2018. Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Bintang. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 4(1):91-105.

Saat, R.M., Fadzil, H.M., Aziz, N.A.A., Haron, K., Rashid, K.A., & Shamsuar, N.R. 2016. Development of an online three-tier diagnostic test to assess pre-university students’ understanding of cellular respiration. Journal of Baltic Science Education, 15(4):532-546.

Schmidt, H.J., Kaufmann, B., & Treagust, D.F. 2009. Students’ understanding of boiling points and intermolecular forces. Chemistry Education Research and Practice, 10:219-226.

Silung, S.N.W., Kusairi, S., & Zulaikah, S. 2016. Diagnosis miskonsepsi siswa SMA di Kota Malang pada konsep suhu dan kalor menggunakan three tier test. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3):95-105.

Sofyana, U.M. & Kusuma, A.B. 2018. Upaya meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan pembelajaran generative pada kelas VII SMP Muhammadiyah Kaliwiro. Kontinu: Jurnal Pendidikan Didaktik Matematika, 2(2):11-23.

Sudijono, A. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, Sutarman, & Rochmadi, T. 2019. Pengembangan sistem computer based test (CBT) tingkat sekolah. Indonesian Journal of Business Intelligence, 2(1):1-8.

Suja, I.W. 2015. Model mental mahasiswa calon guru kimia dalam memahami bahan kajian stereokimia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2):623-636.

Sulastri, Rusman, & Arifa, A. 2018. Pengembangan soal-soal kimia bermuatan nilai-nilai untuk memperkokoh karakter siswa SMA. JTK: Jurnal Tadris Kimiya, 3(2):171-181.

Susilaningsih, E., Fatimah, S., & Nuswowati, M. 2019. Analysis of students' conceptual understanding assisted by multipresentation teaching materials in the enrichment program. UNNES International Conference on Research Innovation and Commercialization 2018, Central Java, 10 November, ISSN: 2518-668X, p. 85-98.

Toepoel, V., Vermeeren, B., & Metin, B. 2019. Smileys, stars, hearts, buttons, tiles or grids: influence of response format on substantive response, questionnaire experience and response time. Bulletin de Methodologie Sociologique, 142:57-74.

Uce, M. & Ceyhan, I. 2019. Misconception in chemistry education and practices to eliminate them: literature analysis. Journal of Education and Training Studies, 7(3):202-208.

Wati, Y.R., Utomo, S.B., & Redjeki, T. 2014. Efektifitas metode pembelajaran kooperatif tipe time assisted indivivualization (TAI) dengan media komik terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrokarbon kelas X SMA Negeri 1 Kartasura tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(2):16-21.

Widiyatmoko, A. & Shimizu, K. 2018. The development of two-tier multiple choice test to assess students’ conceptual understanding about light and optimal instruments. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4):491-501.

Yeni, Hoendarto, G., & Antonius. 2018. Aplikasi hitung konfigurasi elektron dalam sistem periodik unsur kimia. Jurnal Masitika (Mahasiswa Sistem Informasi dan Teknik Informatika, 3:1-12.

Yuliastuti, N., Pujayanto, & Ekawati, E.Y. 2014. Pengembangan media pembelajaran IPA terpadu berbasis e-learning dengan MOODLE untuk siswa Sekolah Menengah Pertama pada tema pengelolaan sampah. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1):15-20.




DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.15715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Susti Vellayati, Cut Nurmaliah, Sulastri Sulastri

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.