Penerapan Model Problem Based Learning pada Materi Alat-Alat Optik untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Kontekstual

Sri Mulyani, Abdul Gani, Muhammad Syukri, Tarmizi Tarmizi, Elisa Elisa, Nurhasanah Nurhasanah, Fajriani Fajriani

Abstract


Peserta didik sulit memahami materi alat-alat optik dipengaruhi oleh rendahnya pemahaman dalam penguasaan materi. Hal ini dikarenkaan gaya mengajar guru masih dominan menggunkan model teacher center sehingga peserta didik tidak terlibat aktif pada proses pembelajaran dan menimbulkan kurangnya rasa kepercayaan diri pada peserta didik dalam menyelesaikan masalah konstektual fisika dengan menggunakan model problem based learning pada materi alat-alat optik. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain “control group pretest-posttest design”. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen sebanyak 30 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest- posttest untuk mengukur kemampuan menyelesaikan masalah konstektual dan angket untuk menilai kepercayaan diri peserta didik. Penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest design. Hasil analisis nilai rata-rata pretest sebesar 50,07 dan posttest sebesar 75,77 dengan perolehan N-gain 0,51 yang tergolong kategori sedang. Uji signifikan dilakukan dengan menggunakan uji-t setelah data berdistribusi normal. Hasil uji t menunjukkan thitung > ttabel (12,055> 2,045) sehingga terdapat perbedaan nyata. Hasil analisis kepercayaan diri diperoleh peningkatan setelah menerapkan model problem based learning didapatkan bahwa indikator keyakinan akan kemampuan diri 81,77%, optimis 83,67%, obyektif 88,75%, bertangggung jawab 86,94%, dan rasional 88,85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah konstektual fisika dan kepercayaan diri peserta didik pada materi alat-alat optik.


Keywords


Model Problem Based Learning, Kepercayaan Diri, Kemampuan Menyelesaikan Masalah Konstektual

Full Text:

PDF

References


Akbari, O. & Sahibzada, J. 2020. Students’ self-confidence and its impacts on their learning process. American International Journal of Social Science Research, 5(1):1-15.

Arisnawati, U. & Bondan D.W. 2017. Efektivitas model pembelajaran problem based learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sanden, Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(9):9-19.

Derlina & Sihotang, M.I. 2013. Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok optik geometri kelas X SMA St. Yoseph. Prosiding Seminar SEMIRATA FMIPA, 1(1):423-429.

Fatima, N. 2020. Self confidence among students. Studies In Indian Place Names (UGC Care Journal), 40:2630-2632.

Fikri, M.B. 2014. Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 4 Palu pada materi prisma. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1):45-54.

Hafiza, A. 2010. Problem Based Learning (PBL): Education Guide for Faculty Members.

Kota Baru: KKMED Publications.

Hofifah, Z., Bektiarso, S., & Astutik, S. 2015. Pengaruh model kooperatif tipe talking stick disertai model eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada mapel IPA Fisika di MTsN Bangsalsari Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(1):59-63.

Kurniawan, E. & Sofyan, A. 2020. Application of problem based learning model to improve problem solving ability of student of XI science grade in chemistry. Journal of Physics: Conference Series, 1-8.

Lintang, A.C., Masrukan., & Wardani, S. 2017. PBL dengan APM untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan sikap percaya diri. Jurnal of Primary Education, 6(1):27-34.

Longkutoy, N., Sinolungan, J., & Opod, H. 2015. Hubungan pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri siswa SMP Kristen Ranotongkor Kabupaten Minahasa. Jurnal E-Biomedik, 3(1):93-99.

Muflihah, I, Kasmadi S., & Sumarni W. 2020. Concept understanding analysis of coloid materials after application of joyful learning problem based learning. Journal of Innovative Science Education, 9(3):306-313.

Muhamad, N. 2015. Pengaruh model discovery learning untuk meningkatkan reprepersentasi matematis dan percaya diri siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 9(1):75-90.

Nyoman, I.K., Ginaya, G., & Nyoman, N.S.A. 2020. Designing problem-based learning (PBL) model for tourism vocational education in 4.O industry. International Journal of Linguistics, Literature and Culture, 6(1):14-23.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sakdiah, H., Palawi., & Sinulingga, K. 2016. Pengaruh model problem based learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di kelas X SMA Swasta Sinar Husni. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1):32-37.

Sugiyanto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sumantri, M. & Permana, J. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Maulana.

Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. 2014. Pengaruh model berbasis masalah (problem based learning) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa (siswa kelas VIII semester gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo tahun ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi, 1(1):5-9.

Wisudawati, A.W. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.15666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sri Mulyani, Abdul Gani, Muhammad Syukri

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.