Experiment Optimization on the Reaction Rate Determination and Its Implementation in Chemistry Learning to Develop Science Process Skills

Ida Farida, Ridha Rizqia Zahra, Ferli Septi Irwansyah

Abstract


Keterampilan proses dalam sains sangat diperlukan untuk membangun konsep dan pemahaman peserta didik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan keterampilan proses ialah dengan aktivitas belajar di laboratorium. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan keterampilan proses sains mahasiswa melalui penggunaan perangkat praktikum yang dapat mengukur laju reaksi secara kuantitatif. Eksperimen untuk mengetahui kondisi optimum dari praktikum penentuan laju reaksi pembentukan gas dilakukan untuk selanjutnya diturunkan menjadi lembar kerja. Lembar kerja yang telah divalidasi diimplementasikan kepada mahasiswa dengan menggunakan pre-experimental design dengan bentuk one shot case study. Subjek penelitian ialah 38 orang mahasiswa semester IV program studi Pendidikan Kimia UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang mengambil mata kuliah kinetika dan kesetimbangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen lembar kerja, lembar observasi aktivitas mahasiswa dan daftar ceklis kinerja praktikum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi optimum praktikum penentuan laju reaksi pada variasi konsentrasi H2O2 sebesar 1,5 - 6% ialah penggunaan tabung reaksi sebagai reaktor, pipet ukur sebagai penampung gas, katalis KI dan MnO2 sebanyak 0,002 mol, serta volume gas O2 yang diamati sebanyak 10 mL. Hasil observasi terhadap aktivitas mahasiswa pada saat berlangsungnya kegiatan praktikum menunjukkan nilai rata-rata sebesar 98±4,737%, nilai ini menunjukkan bahwa mahasiswa terlibat aktif dalam kegiatan praktikum. Hasil analisis keterampilan proses sains mahasiswa pada praktikum penentuan laju reaksi pembentukan gas secara keseluruhan diinterpretasikan sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 88±1,785. Aspek mengumpulkan data memiliki nilai rata-rata tertinggi yang diinterpretasikan sangat baik dengan nilai sebesar 100. Aspek KPS menyimpulkan memiliki nilai rata-rata terendah yang diinterpretasikan baik dengan nilai sebesar 76.

Keywords


science process skills; reaction rate determination; gas formation

Full Text:

PDF

References


Aisyah, R., Aisyah, F. N. & Yunita. 2017. Penggunaan Lembar Kerja Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. Jurnal Tadris Kimiya, 2(1):116-123.

Bahriah, E. S., Suryaningsih, S. & Yuniati, D. 2017. Pembelajaran Berbasis Proyek pada Konsep Koloid untuk Pengembangan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Tadris Kimiya, 2(2):145-152.

Barlag, R. 2010. Wash Bottle Laboratory exercise: Iodide-Catalyzed H2O2 Decomposition Reaction Kinetic Using the Initial Rate Approach. Journal of Chemical Education, 87(1):78-80.

Carmel, J. H., Harrington, D. G., Posey, L. A., Ward, J. S., Pollock, A. M. & Cooper, M. M. 2019. Helping Students to "Do Science": Characterizing Scientific Practices in General Chemistry Laboratory Curricula. Journal of Chemical Education, 96(3):423-434.

Cybulskis, V. J., Ribeiro, F. H. & Gounder, R. 2016. Using a hands-On Hydrogen Peroxide Decomposition Activity to Teach Catalysis Concepts to K-12 Students. Journal of Chemical Education, 93(8):1406-1410.

Demircioglu, G. & Yadigaroglu, M. 2011. The Effect of Laboratory Method in High School Students' Understanding of The Reaction Rate. Western Anatolia Journal of Educational Science, 509-516.

Farida, I. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ghozali, I. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gilbert, T. R. 2018. Chemistry: the Science in Context (5th ed.). New York: W. W. Norton and Company.

Gultepe, N. 2016. High School Science Teachers' Views on Science Process Skills. International Journal on Environmental & Science Education, 779-800.

Gultepe, N & Kilic, Z. 2015. Effect of Scientific Argumentation on the Development of Scientific Process Skills in the Context of Teaching Chemistry. Journal of Environmental and Science Education, 10(1):111–132.

Hensiek, S., DeKorver, B., Harwood, C., Fsh, J. & O'Shea, K. 2016. Improving and Assessing Students Hands-On Laboratory Skills through Digital Badging. Journal of Chemical Education, 93(11):1847-1854.

Hidayah, N., Arifuddin, M. & Mahardika, A. I. 2017. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Metode Percobaan. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2):198-212.

Hofstein A. & Kind, P. M. 2011. Learning In and From Science Laboratories. Springer International Handbooks of Education (2nd ed), 24:189-207.

Irmi, I., Hasan, M. & Gani, A. 2019.Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Quick Response Code untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar SIswa pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 3(2):72-87.

Irwanto, Rohaeti, E., Widjajanti, E. & Suyana. 2017. Students' Science Process Skill and Analytical Thinking Ability in Chemistry Learning. The International Conference on Research Implementation and Education of Mathematics and Science.

Karsli, F. & Ayas, A. 2014. Developing a Laboratory Activity by Using 5e Learning Model on Student Learning of Factors Affecting the Reaction Rate and Improving Scientific Process Skills. Procedia- Social and Behavioral Science, 143:663-668.

Laelasari, N. & Sari. 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa pada Konsep Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Tadris Kimiya, 1(1):20-26.

Marlina, R. 2011. Pemanfaatan Lingkungan Lokal dalam Kegiatan Laboratorium Berbasis Inkuiri terhadap Kinerja Mahasiswa Calon Guru Biologi. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2):28-38.

McMurry, J. F. 2012. Chemistry (6th ed.). United States of America: Pearson Education, Inc.

Orwat, K., Bernard, P. & Migdal-Mikuli, A. 20116. Obtaining and Investigating Amphoteric Properties of Aluminum Oxide in a Hands-On Laboratory Experiment for High School Students. Journal of Chemical Education, 93(5):906-909.

Papai, R., Romano, M. A., Arroyo, A. R., Rodrigues da Silva, B., Tresoldi, B., Winter, G. C., Gabeur, I. 2019. Creating and Experimenting with a Low-Cost, Rugged System to Visually Demonstrate the Vapor Pressure of Liquids as a FUnction of Temperature. Journal of Chemical Education, 96(2):335-341.

Pratiwi, D. 2016. Pengembangan KIT Penentuan Pengaruh Katalis terhadap Laju Reaksi Secara Kuantitatif. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Putri, T. P., Fadiawat, N. & Betta, R. 2014. Model Discovery Learning dalam meningkatkan Keterampilan Berpikir Fleksibel pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 3(2).

Rodriguez, J. M. G., Bain, K., Towns, M. H., Elmgren, M. & Ho, F. M. 2019. Covariational Reasoning and Mathematical Narratives: Investigating Students' Understanding of Graphs in Chemical Kinetics. Chemistry Education Research and Practice, 20(1):107-119.

Saidaturrahmi, Gani, A., Hasan, M. 2019. Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1):1-8.

Seethaler, S., Czworkowski, J. & Wynn, L. 2018. Analyzing General Chemistry Texts' Treatment of Rates of Change Concepts in Reaction Kinetics Reveals Missing Conceptual Links. Journal of Chemical Education, 95(1):28-36.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sweeney, W., Lee, J., Abid, N. & DeMeo, S. 2014. Efficient Method for the Determination of the Activation Energy of the Iodide-Catalyzed Decomposition of Hydrogen Peroxide. Journal of Chemical Education, (91):1216-1219.

Tatsuoka, T. & Koga, N. 2013. Energy diagram for the Catalytic Decomposition of Hydrogen Peroxide. Journal of Chemical Education, 90(5):633-636.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Waldrip, B., Prain, V. & Carolan. 2010. Using Multi-Modal Representation to Improve Learning in Junior Secondary Science. Research in Science Education, 40:65-80.

Walker, J. P., Sampson, V., Southerland, S. & Enderle, P. J. 2016. Using the Laboratory to Engage All Students in Science Practices. Chemistry Education Research and Practice, 17(4):1098-1113.

Yunita. 2013. Alternatif Strategi Mengajar Kimia. Bandung: CV Insan Mandiri.

Yunita. 2013. Panduan Pengelolaan Laboratorium Kimia. Bandung: CV Insan Mandiri.




DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.15608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ferli Septi Irwansyah

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.