Pengembangan Modul Fisika Berbasis Integrasi Islam-Sains pada Materi Gerak Lurus untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Asmaul Husna, M. Hasan, Mustafa Mustafa, Muhammad Syukri, Yusrizal Yusrizal

Abstract


Sistem Pendidikan nasional yang diselenggarakan di Aceh sesuai dengan Qanun berdasarkan pada nilai-nilai budaya islami membuat sekolah melaksanakan pengembangan potensi siswa dengan mengedepankan nilai-nilai islami. Hal tersebut dapat terwujud salah satunya dengan menggunakan bahan ajar atau modul yang terintegrasi. Berdasarkan dari hasil observasi pada salah satu sekolah di SMA di Banda Aceh menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan hanya buku paket fisika yang belum terintegrasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar modul berbasis integrasi islam dan sains yang valid, praktis dan efektif pada materi gerak lurus. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development dengan menggunakan model Sugiyono. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi, observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon peserta didik serta soal pre-tes dan pos-tes. Uji coba di lakukan pada kelas X MIPA 3 dengan jumlah 29 orang peserta didik. Hasil penelitian diperoleh kevalidan dengan kategori sangat valid, untuk kepraktisan berdasarkan hasil observasi didapat dengan kualifikasi sangat baik, sedangkan untuk keefektifan dilihat dari uji N-gain pre-tes dan pos-tes mengalami peningkatan dengan rata-rata 0,67 pada kategori sedang dan mendapat respon yang positif dari hasil analisis angket peserta didik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa modul materi gerak lurus yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.


Keywords


Modul, Integrasi Islam-sains, dan Gerak lurus

Full Text:

PDF

References


Abdi, A. 2017. Integration of islamic and secular education in Kenya: a synthesis of the literature. International Journal of Social Science and Humanities Research, 5(3):67-75.

Ali, M., Sunarno, W., & Sukarmin. 2015. Pengembangan modul IPA berbasis karakter islami melalui pendekatan sainstifik pada tema rotasi dan revolusi bumi sebagai implementasi kurikulum 2013. Inkuiri Jurnal Pendidikan IPA, 4(2):57-67.

Agusti, D., Rahmatan, H., & Sulastri. 2019. Pengembangan modul pembelajaran reproduksi berazaskan Al-Qur’an/Hadiz untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Edusains The Natural Science Education, Biology Education, Physics Education, and Chemistry Education Journal, 11(1): 133-140.

Aqsha, M.L. 2015. Effective implementation of the integrated islamic education. Global Journal Al-Tsaqafah (GJAT), 5(1):59-68.

Asysyifa, D.S., Sopyan, A., & Masturi. 2017. Pengembangan bahan ajar IPA berbasis komplementasi ayat-ayat sains Quran pada pokok bahasan sistem tata surya. Unnes Physics Education Journal, 6(1):44-54.

Baba, S.B., Salleh, M.J., Zayed, T.M., & Haris, R. 2018. Historical development of Islamic integrated education in Malaysia since 15th century: current needs for the globalized world. History of Education & Children Literature, 13(2): 9-30.

Badlisyah, T & Munawwaroh, W. 2017. Development of chemistry learning module of Al-Qur’an based atomic structure in SMAN 1 Aceh Barat Daya. Journal of Lantanida, 5(2): 193-196.

Chowdhury, M. 2016. Emphasizing morals, values, ethics, and character education in science education and science teaching. The Malaysian Online Journal of Educational Science, 4(2): 1-16.

Depdiknas. 1999. Peraturan daerah/qanun, instruksi gubernur dan edaran gubernur berkaitan dengan pelaksanaan syariat islam. Jakarta: Depdiknas.

Diani, R., Kesuma, G.C., Diana, N., Yuberti., Anggraini, R.D., & Fujiani, D. 2018. The development of physics module with the scientific approach based on Islamic literacy. Young Scholar Symposium on Transdiciplinary in Education and Environment, 9-11 November 2018, hal. 1-13.

Hamzah, F. 2015. Studi pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis integrasi islam-sains pada pokok bahasan sistem reproduksi kelas IX Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1):41-53.

Handayani, H., Darmana, A., & Muchtar, Z. 2018. The implementation of teaching material integrated religious value. 3rd Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership, 3-4 Oktober 2018, hal. 105-109

Kawangit, R.M & Guleng, M.P. 2015. Relationship between religious practices and academic achievement of muslim convert students in Malaysia. Life Science Journal, 12(6): 149-154.

Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 61 Tahun 2014 Tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud RI.

___________. 2018. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 36 Tahun 2018 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud RI.

Khairiyah, U & Faizah, S.N. 2019. The effectiveness of using the Islamic integration module on the critical thinking ability of Madrasah Ibtidaiyah students. Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 7(2): 180-191.

Khoiri, A., Agussuryani, Q., & Hartini, P. 2017. Penumbuhan karakter islami melalui pembelajaran fisika berbasis integrasi sains-islam. Journal of Education and Teacher Training, 02(1):19-31.

Latifah, S. 2015. Pengembangan modul IPA terpadu terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an pada materi air sebagai sumber kehidupan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2):155-164.

Latifah, S. & Ratnasari. 2016. Pengembangan modul IPA terpadu terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an pada materi tata surya. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Fisika, 7(1):25-33.

Mubarok, S., Susilowati, S.M.E., & Dewi, N.K. 2015. Development of ecosystem subject module with SETS-vision and Islamic value. International Conference on Mathematics, Science and Education, 5-6 September 2015, hal. 45-50.

Munir, S. 2016. Redesigning english for specific purposes (ESP) class: integrating language and islamic values in producing a textbook. Batusangkar International Conference I, 15-16 Oktober 2016, hal. 669-676.

Muspiroh, N. 2013. Integrasi nilai islam dalam pembelajaran IPA (perspektif pendidikan islam). Jurnal Pendidikan Islam, 28(3):168-188.

Nata, A. 2009. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam Indonesia. Jakarta: Rajawali Press.

Pattaro, C. 2016. Character education: themes and researches.an academic literature review. Italian Journal of Sociology of Education, 8(1):6-30.

Permadi, B.A & Khotim, N.S. 2018. Pengembangan modul IPA berbasis integrasi islam dan sains untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2): 294-311.

Purwati, N., Zubaidah, S., Corebima, A.D., & Mahanal, S. 2018. Increasing Islamic junior high school students learning outcomes through integration of science learning and Islamic values. International Journal of Instruction, 11(4):841-854.

Rahmah, S.Z., Mulyani, S., & Masyikuri, M. 2017. Pengembangan modul berbasis SETS (science, environment, technology, society) terintegrasi nilai islam di SMAI Surabaya pada materi ikatan kimia. Jurnal Pendidikan, 2(1):57-62.

Ranti, S & Usmeldi. 2018. Development of integrated science student’s worksheet (LKPD) based on research-based learning integrated with religion value. International Conference on Research and Learning of Physics, 5-6 Agustus 2018, hal. 1-9.

Rohisah, V., Sunardi, R., & Sugeng, D.P. 2014. Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis karakter pada model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) pokok bahasan teorema phytagoras untuk SMP kelas VIII. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (KADIKMA), 5(2):101-110.

Rosliza, G., Inayah, A.A., Emiza, T., Merani, C.A., & Yusliena, Y. 2017. Towards an Islamic spirituality model in increasing academic performance of accounting students. Journal of Fundamental and Applied Science, 9(5S): 921-931.

Ruffi. R. 2015. Developing module on constructivist learning strategies to promote student’s independence and performance. International Journal Education, 7(1):18-28.

Saputra, A & Advida, L. 2018. Development of biology learning module nuanced quran in learning material of coordination system for Islamic senior high school students. International Journals of Sciences and HighTechnologies, 11(1): 55-60.

Sariono. 2013. Kurikulum 2013: kurikulum generasi emas. E-jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya, 3(1):1-9.

Serevina, V., Sunaryo., Raihanati., Astra. I.M., & Sari. I.J. 2018. Development of e-module based on problem based learning (PBL) on heat and temperature to improve student’s science process skill. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 17(3): 26-36.

Skaggs, G. & Bodenhorn, N. 2006. Relationships between implementing character education, student behavior, and student achievement. Journal of Advanced Academics, 18(1):82-114.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Sriatun., Linuwih, S., Sulhadi., & Aninditya. 2018. Development of physics learning tools contains integration of Qur’an values. International Conference on Science and Education and Technology, 7-8 Agustus 2018, hal. 484-488.

Utama, N.G., Rahmatan, H., & Azhar. 2019. Penerapan LKPD berbasis learning cycle 5E terintegrasi nilai islami terhadap hasil belajar peserta didik di SMP. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1):47-54.

Winarti. 2015. Pengembangan perangkat pembelajaran fisika bermuatan integrasi islam-sains untuk menanamkan nilai-nilai spiritual siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 1(2):54-60.

Yuliawati, F., Rokhimawan, M. A., & Suprihatiningrum. J. 2013. Pengembangan modul pembelahjaran sains berbasis integrase islam-sains untu peserta didik difabel netra MI/SD kelas 5 semester 2 materi pokok bumi dan alam semesta. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2):169-177.

Zaharah., Yelianti, U., & Asra, R. 2017. Pengembangan modul elektronik dengan pendekatan sainstifik materi system peredaran darah pada manusia untuk siswa kelas VIII. Edu-sains Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1): 25-33.

Zain, Z. & Vebrianto, R. 2017. Integrasi keilmuan sains dan islam dalam proses pembelajaran rumpun IPA. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI) 9 Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru, 18-19 Mei 2017, hal. 703-708.

Zubairu, U.M & Sakariyau, O.B. 2016. The relationship between religiosity and academic performance amongst accounting students. International Journal of Evaluation and Research in Education, 5(2): 165-173.




DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.15539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Asmaul Husna, M Hasan, Mustafa Mustafa, M Syukri, Yusrizal

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.