Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Inkuiri Terbuka

Agus Ramdani, I Putu Artayasa

Abstract


Keberhasilan seorang mahasiswa menjadi guru dengan kemampuan mengajar IPA yang baik, perlu ditunjang dengan keterampilan berpikir kreatif, karena melalui keterampilan berpikir kreatif dihasilkan gagasan baru yang berkontribusi terhadap peningkatan mutu pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menguji efek penerapan model inkuiri terbuka dalam pembelajaran IPA terhadap keterampilan berpikir kreatif mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi-eksperimen dilaksanakan dengan desain pretespostesdengankelompokpengendali atau kon­troltidakacak. Penelitian dilakukan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar(PGSD) FKIP Uiversitas Mataram. Sampel diambil dengan teknik purposivesampling, dan dibagi menjadi kelompok kontrol dan eksperimen. Data dikumpulkan dari skor pretes dan postes keterampilan berpikir kreatif. Data diuji dengan analisis kovarian (ancova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor keterampilan berpikir kreatif mahasiswa yang belajar menggunakan inkuiri terbuka memperoleh rerata skorlebih tinggi daripada rerata skor kelas kontrol. Secara statistik dapat dilihat bahwa pengujian hasil tes keterampilan berpikir kreatif menggunakan uji ancova menunjukkan nilai F = 26,382, p = <0,001 < α = 0,05. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang menerapkan model inkuiri terbuka memiliki keterampilan berpikir kreatif yang lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang menerapkan pembelajaran konvensional.

Keywords


Keterampilan berpikir kreatif; inkuiri terbuka; mahasiswa; pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

References


Akinbobola, A. O., & Afalobi, F. 2010. Constructivist Practices Through Guided Discovery Approach: The Effect on Student Cognitive Achievement in Negerian Senior secondary School Physics. Eurasian Journal of physics and chemistry Education, 2(1), 16-25.

Ali, M., & Asrori, M. 2014. Metode dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Amijaya, L. S., Ramdani, A., Merta, I. W. 2018. Pengaruh Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2). 94-96.

Amin, M. 1987. Mengajarkan Ilmu Pengetauan Alam dengan Menggunakan Metode “Discovery” dan “Inquiry”. Jakarta: Depdikbud-Dirjen Dikti.

Andrini, V. S. 2016. The Effectiveness of Inquiry Learning Method to Enhance Student’ Learning Outcome: A Theoritical and Empirical Review. Journal of Education and Practice, 7(3), 38-42.

Artayasa, I P., Susilo, H., Lestari, U., & Indriwati, S. E. 2017a. Profil Keterampilan Proses Sains dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Sains Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21, 6(19), 706-714.

Artayasa, I P., Susilo, H., Lestari, U., & Indriwati, S. E. 2017b. The effectiveness of the Three Levels of Inquiry in Improving Teacher Training Students’ Science Process Skills. Journal of Baltic Science Education, 16(6), 908-918.

Artayasa, I P., Susilo, H., Lestari, U., & Indriwati, S. E. 2018.The Effect of Three Levels of Inquiry on the Improvement of Science Concept Understanding of Elementary School Teacher Candidates. International Journal of Instruction, 11(2), 235-248.

Chin, M. K., & Siew, N. M. (2015). The development and validation of a figural scientific creativity test for preschool pupils. Creative Education, 6(12), 1391-1402

Greenstein, L. 2012. Assessing 21st Century Skill: A Guide to Evaluation Mastery and Authentic Learning. California: Corwin.

Gunawan, G., Harjono, A., Sahidu H., & Nisrina, N. 2018. Improving Students’ Creativity Using Cooperative Learning With Virtual Media on Static Fluida Concept Journal of Physics: Conference Series. 1006 (1) 012016.

Jackson, N. 2006. Developing and Valuing Students’ Creativity: A New Role for Personal Development Planning?, Working Paper. Retrieved from www. normanjackson.co.uk/uploads /1/0/8/4/.../creativity_and_pdp.pdf by N J.

Ketpichainarong, W., Panijpan, B., & Ruenwongsa. 2010. Enhanced Learning of Biotechnology Students by An Inquiry-Based Cellulase Laboratory. International Journal of Environmental and Science Education, 5(2), 169-187.

Lane, J. L. 2007. Inquiry-Based Learning. Retrieved from http://www.schreyerinstitute.Psu.edu/ pdf/ibl.pdf.

Llewellyn, D. 2011. Differentiated science inquiry. California: Corwin, A Sage Company

Llewellyn, D. 2013. Teaching High School Science Through Inquiry and Argumentation. (Second edition). California: Corwin, A Sage Company.

Munro, J. 2015. Identifying and Measuring Creativity. Retrieved from https://students. education.unimelb.edu.au/.../.

Pasific Policy Research Center. 2010. 21st Century Skills for Students and Teachers. Honolulu: Kamehameha Schools, Research and Evaluation Division.

Prayitno, D. 2012. Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Rahayu, S. 2016. Mengembangkan Literasi Sains Anak Indonesia Melalui Pembelajaran Berorientasi Nature of Science (NOS). Makalah disajikan dalam Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Universitas Negeri Malang, Malang, 17 Maret 2016.

Sadeh, I., & Zion, M. 2012. Which Type of Inquiry Project Do High Shool Biology Students Prefer: Open or Guided? Research Science Education, 42(5), 831-848.

Setyosari, P. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Skamp, K. 1998. Teaching Primary Science Constructively (C. MacKenzie, Ed.). Victoria: Harcourt Australia Pty Ltd.

So, W. M. W,. & Kong, S. C. 2007. Approaches of Inquiry Learning with Multimedia Resources in Primary Classrooms. Journal of Computers in Mathematics and Science Teaching, 26(4), 329-354

Sudargo, F., 2012, Metapedagogi dalam Pendidikan Guru Biologi: Membangun Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif melalui Pembelajaran Berbasis Praktikum, Makalah disajikan dalam Pengukuhan Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 25 Mei 2012.

Sukarno, Permanasari, A., Hamidah, I., & Widodo, A. 2013. The Analysis of Science Teacher Barriers in Implementing of Science Process Skills (SPS) Teaching Approach at Junior High School and it’s Solutions. Journal of Education and Practice, 4(27), 185-190.

Sulistina, O. 2009. Keefektifan Penggunaan Metode Pembelajaran Inkuiri Terbuka dan Terbimbing dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMA Lab. Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs UM.

Talajan, G. 2012. Menumbuhkan Kreativitas dan Prestasi Guru. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.

Trnova, E., & Trna, J. 2014. Implementation of Creativity In Science Teacher Training, International Journal on New Trends in Education and Their Implication, 5(3), 54-63.

Turkmen, H. 2015 Creative Thinking Skills Analyzes Of Vocational High School Students Journal Of Educational And Instructional Studes In The World, 5(1) 74-84.

Widodo, W. 2013. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/Mts Kelas VII. Jakarta: Kemendikbud.

Yusnaeni, Corebima, A. D., Susilo, H., & Zubaidah, S. 2017. Creative Thinking of Low Academic Student Undergoing Search Solve Create and Share Learning Integrated with Metacognitive Strategy. International Journal of Instruction, 10(2), 245-262.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis Penguasaan Konsep Siswa Yang Belajar Kimia Menggunakan Multimedia Interaktif Berbasis Green Chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(2). 135-140.

Zion, M., & Mendelovici, R. (2012). Moving from structured to open inquiry: Challenges and limits. Science Education International, 23(4), 383-399.




DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.15394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Agus Ramdani, I Putu Artayasa

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.