TINGKAT KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

Liza Salawati

Abstract


Abstrak. Telah dilakukan penelitian deskriptif mengenai Tingkat Kepuasan Pasien Jamkesmas di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien Jamkesmas dalam menerima pelayanan kesehatan di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin. Penelitian ini dilakukan terhadap 28 responden yang seluruhnya adalah pasien Jamkesmas yang dirawat di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam RSUDZA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 28 responden, 50% menyatakan puas terhadap pelayanan kesehatan di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam RSUDZA, 50% menyatakan kurang puas. Kualitas pelayanan yang diberikan 57,14%  baik, kinerja (performance) petugas kesehatan 57,14% baik, komunikasi antara petugas kesehatan dengan pasien 64,29% baik, serta prosedur administrasi dalam menggunakan jamkesmas sebagai sumber biaya perawatan 75% mudah.

Abstract. A descriptive study about   Jamkesmas Patient’s Satisfaction in Hospitalization  Room of Interna Department General Hospital dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. The goal of this research is to know the Jamkesmas patient’s satisfaction in receiving service health care. This research had been conducted to 28 responders which are entirely the Jamkesmas patients whom hospitalized in Hospitalization Room of Interna Department RSUDZA . Research result shows counted that from 28 responders, 50% were satisfied with the health care  in Hospitalization Room of Interna Department RSUDZA, 50% were unsatisfied. Based on service quality 57,14% good, Based on performance 57,14% good, Based on communication with patients 64,29% good, , Based on  administration procedur of  Jamkesmas 75% easy.


Keywords


Kepuasan; jamkesmas; kualitas pelayanan; kinerja; komunikasi; prosedur administrasi Satisfaction; jamkesmas; service quality; performance; communication; administration procedure

Full Text:

PDF

References


Humas BID, Angka Harapan Hidup Masyarakat Kalbar. 2002. http://www.kalbar.go.id/news.php?extend.99

BPS, Statistik Kesehatan (Health Statistics). BPS Statistik Indonesia. 2004

Azwar A, Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan, Pustaka Sinar Harapan. Jakarta. 1996

Dinas kesehatan Kabupaten Tangerang, Visi, Misi, dan Nilai-Nilai. Tangerang. 2008.

http//www.dinkes-kabtangerang.go.id/ index.php.

Menkes R.I., Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 131/Menkes/SK/II/ 2004, Sistem Kesehatan Nasional. 2004

Kurniawan A, Solusi Menuju Pemerataan Pelayanan Kesehatan, ariefknp.wordpress.com/2007/10/06/i/. 2007

Anwar K, Evaluasi Awal Perkembangan Penduduk Miskin 2009 http://tkpri.org/berita/siaran-pers/pertumbuhan-ekonomi-indonesia-tahun-2008-20090217527.html.

Paulus. J. 2008. Jamkesmas, http://epajak.org/abg/free-monitor-opini/kesehatan-masyarakat-miskin.

Jacobalis S, Menjaga Mutu Pelayanan Rumah Sakit (Quality Assurance), PT Citra Windu Satria. Jakarta. 1989

Zulfa E. Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Peserta Jamkesmas dan Pasien Umum di Instalasi Rawat Jalan RSUD Cilegon-Banten. 2009

http//medicine.uii.ac.id/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=117 .

Rajali M. Iskandar, Gambaran Karakteristik Pasien Terhadap Tingkat Kepuasan Dalam Menerima Pelayanan Kesehatan di Unit Rawat Inap Penyakit Dalam RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh, Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. 2007

Haryanti K, Hubungan Persepsi Mutu Pelayanan dan Nilai Konsumen dengan Kepuasan Konsumen, Unika Atmajaya, Jakarta. 2000

Tjiptono F, Service, Quality & Satisfaction, Penerbit Andi, Yogyakarta. 1997

Griffith J.R. The Well Managed Community Hospital, Health Administration Press, New York. 1987


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons LicenseISSN: 1411-3848E-ISSN: 2579-6372
Copyright© 1987-2017 | ISSN: 1412-1026 | EISSN: 2550-0112 
Jurnal Kedokteran Syiah Kuala is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Published by:
Fakultas Kedokteran, Universitas Syiah Kuala
 
Jl. Tgk. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Phone: +626517551843 
Email: jks@unsyiah.ac.id


Online Submissions & Guidelines | Editorial Policies | Contact | Statistics | Indexing | Citations