Pendidikan Kesehatan Dalam Peningkatan Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Keluarga Dengan Hipertensi - Pilot Study

Ainal Mardhiah, Asnawi Abdullah, Hermansyah

Abstract


Abstrak

Hipertensi merupakan salah satu masalah utama kesehatan masyarakat saat ini, prevalensi di Indonesia mencapai 31,7% tahun 2007 dan 25,8% pada tahun 2013, namun angka ini masih dalam kategori tinggi. Bila tidak ditangani dengan baik sedini mungkin bisa menjadi the silent killer. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pendekatan nonfarmakologis termasuk penurunan berat badan, pembatasan alkohol, natrium dan tembakau, latihan dan relaksasi merupakan intervensi wajib pada penanganan hipertensi. Disamping tenaga medis, keluarga juga berperan penting, namun pengaruh intervensi pendidikan kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan keluarga dengan hipertensi masih kurang evidence terutama di Aceh. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan keluarga dengan hipertensi di Kemukiman Bluek Grong-Grong Kecamatan Indrajaya Kabupaten Pidie. Intervensi Pendidikan kesehatan tentang hipertensi dengan metode ceramah, diskusi dan demonstrasi menggunakan media power point dan booklets. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain pre experimental berupa the one group pretest-posttest design terhadap 37 responden yang diperoleh secara simple random sampling. Instrumen penelitian adalah kuesioner. Teknik analisa data menggunakan uji statistik parametrik Paired T-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan (p = 0,0001), sikap  (p = 0,0001) dan keterampilan  (p = 0,0001). Diharapkan pendidikan kesehatan tentang hipertensi dapat dijadikan salah satu tindakan keperawatan pada keluarga dengan hipertensi di komunitas.

Kata Kunci    : Hipertensi, Keluarga, Pendidikan kesehatan, Sikap

 

Abstract

Hypertension is one of the major public health problem today, prevalence in Indonesia reached 31.7 % in 2007 and to 25.8 % in 2013, but this figure is still in the high category. If not handled properly as early as possible it can be “the silent killer”. Some research suggests that non-pharmacological approaches include weight loss , alcohol restrictions , sodium and tobacco , exercise and relaxation are compulsory intervention on hypertension management. Other than medical personnel, the family also plays an important role. However , the effect of health education interventions to increase knowledge, attitudes and practice of families with hypertension still less evidence , especially in Aceh. This study aims to determine the effect of health education to increase knowledge , attitude and practice of families with hypertension in Bluek Grong-Grong Sub-Subdistrict Indrajaya Subdistrict Pidie District. Health education intervention on hypertension with lectures, discussions and demonstrations using media power point and booklets. This research is a quantitative research design pre experiment with the one group pretest-posttest design of the 37 respondents were obtained through simple random sampling. The research instrument was a questionnaire. Data analysis techniques using parametric statistical tests Paired t-test . The results showed there are significant health education to increase knowledge (p = 0,0001), attitude (p = 0,0001), and practice (p = 0,0001). Expected health education about hypertension can be one nursing actions on families with hypertension in the community.

Keywords: hypertension, family, health education, attitude

 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIK
Jurnal Ilmu Keperawatan
 
ISSN (Print): 2338 – 6371
ISSN (Online): 2550 – 018X
 
Redaksi JIK: Jurnal Ilmu Keperawatan

Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala
Gedung Petronas, Jl. Tgk. Tanoh Abee
Darussalam, Banda Aceh 23111
Telp. (0651) 8053041; Faks. (0651) 8053041
E-mail: jik@unsyiah.ac.id
Website: http://jurnal.unsyiah.ac.id/jik

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Keperawatan by Universitas Syiah Kuala is licensed

under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JIK.