TERAPI VISUAL TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA RESEPTIF DAN EKSPRESIF PADA ANAK AUTIS

Faridah Hanum, Mutdasir, Rusli Yusuf

Abstract


Abstrak

Anak Autis merupakan bagian integral dari anak luar biasa. Penyebab autisme salah satunya adalah ketidakberfungsian sistem saraf di otak, selain menimbulkan masalah dalam belajar dan bahasa, anak autis mempunyai masalah dalam mengembangkan kemampuan untuk memproses infomasi. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan rancangan pre and post test without control. dimana bahasa reseptif dan ekspresif diukur sebelum dan sesudah diberikan perlakuan yaitu berupa terapi visual. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak autis yang berada disekolah yayasan cinta mandiri Lhokseumawe yaitu 15 orang. Teknik pengambian sampel menggunakan total sampling.

Hasil penelitian dengan menggunakan t-test dependen, responden dinilai kemampuan bahasa reseptif dan ekspresif sebelum mendapatkan perlakuan dan dinilai kembali setelah mendapatkan perlakuan. Hasil diperoleh; Ada pengaruh terapi visual terhadap perkembangan bahasa reseptif pada anak autis dengan nilai perbedaan mean antara pengukuran pertama dan kedua adalah 8,73 dengan standar deviasi 2, 15. Hasil uji statistik didapatkan nilai p = 0,000 yang menunjukkan bahwa ada pengaruh kemampuan reseptif pada anak autis sebelum dan sesudah perlakuan. Dan Ada pengaruh terapi visual terhadap perkembangan bahasa ekspresif pada anak autis dengan nilai perbedaan mean antara pengukuran pertama dan kedua adalah 6,26 dengan standar deviasi 1,83. Hasil uji statistik didapatkan nilai p = 0,000 yang menunjukkan bahwa ada pengaruh kemampuan ekspresif sebelum dan sesudah perlakuan.

Kata Kunci: autis, perkembangan bahasa reseptif dan ekspresif. terapi visual

 

Abstract

Autistic children are an integral part of the exceptional child. The cause of autism one of which is a malfunction of the nervous system in the brain, in addition to cause problems in learning and language, children with autism have problems in developing the ability to process information.

Design of this research is pre-experimental research design with pre and post test without control. where the receptive and expressive language was measured before and after treatment in the form of visual therapy. The population in this study are all autistic children are at school foundation Lhokseumawe self love that is 15 people. Pengambian engineering samples using total sampling.

The results using dependent t-test, respondents rated receptive and expressive language skills before getting treatment and reassessed after getting treatment. The results obtained; There is the influence of visual therapy against receptive language development in children with autism with a mean value of the difference between the first and second measurements was 8.73 with a standard deviation of 2, 15. The result of statistical test p value = 0.000 shows that there is influence receptive abilities in autistic children before and after treatment. And There is a visual effect of therapy on the development of expressive language in autistic children with a mean value of the difference between the first and second measurements was 6.26 with a standard deviation of 1.83. Statistical test result p value = 0.000 shows that there is influence expressive abilities before and after treatment.

Keywords: Autism, receptive and expressive language development,visual therapy.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIK
Jurnal Ilmu Keperawatan

ISSN (Print): 2338 6371
ISSN (Online): 2550 018X

Redaksi JIK: Jurnal Ilmu Keperawatan

Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala
Gedung Petronas, Jl. Tgk. Tanoh Abee
Darussalam, Banda Aceh 23111
Telp. (0651) 8053041; Faks. (0651) 8053041
E-mail: jik@unsyiah.ac.id
Website: http://jurnal.unsyiah.ac.id/jik

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Keperawatan by Universitas Syiah Kuala is licensed

under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JIK.