Efektifitas Peer Education Pada Pengetahuan Dan Sikap Siswa SMA Dalam Pencegahan HIV/AIDS

Laras Cyntia Kasih

Abstract


Abstrak

Jumlah Masyarakat yang terinfeksi HIV/AIDS di Aceh mengalami peningkatan secara tajam. Pendidikan kesehatan akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan tentang HIV/AIDS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode peer education terhadap pengetahuan dan sikap tentang pencegahan penularan HIV/AIDS. Penelitian ini menggunakan desain quasi expremental. Sampel pada penelitian ini berjumlah 38 siswa kelas XI SMA Harapan Persada ABDYA yang dipilih secara purposive sampling. Kelompok kontrol diberikan intervensi dengan metode ceramah sedangkan kelompok eksperimen diberikan intervensi metode peer education. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dengan pertanyaan tentang pengetahuan serta pertanyaan tentang sikap. Hasil diperoleh peningkatan pengetahuan siswa kelompok eksperimen 100% berpengetahuan baik sedangkan kelompok kontrol 84,2% berpengetahuan baik. Uji beda independent t test, diperoleh 0,000 (p<0,05) artinya terdapat perbedaan signifikan antara metode peer education dan metode ceramah terhadap pengetahuan siswa. Sedangkan hasil sikap kelompok kontrol 100% siswa mempunyai sikap positif dan kelompok eksperimen 100% siswa juga mempunyai sikap positif, uji independent t test diperoleh p=0,871 (p>0,05) artinya tidak terdapat perbedaan antara kelompok metode peer education dan metode ceramah. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan metode peer education lebih efektif untuk menjadi metode pendidikan kesehatan.

Kata Kunci :Pendidikan Kesehatan, Peer Education, Pengetahuan, Sikap

 

Abstract

The numbers of people infected by HIV/AIDS in Aceh has increased fast. Health education would be very useful in improving knowledge about HIV/AIDS. This study aimed on finding out the effectivity of peer education method toward knowledge and attitude about prevention of spreading HIV/AIDS. Quasi Experimental was designes in this study. The samples of the study were 38 students of the 11th grade at SMA HarapanPersada selected by using purposive sampling and it was divided into control and experimental Groups. The data was obtained questions about the knowledge arranged,and questions about attitude arranged, the finding indicate that the knowledge of students of control group was increased to 84,2% categorized into good knowledge after using preaching method. Meanwhile, in expremental group increased 100% catagorized into good knowledge. From independent t test analysis, it was found that the result is 0.000 (p<0.05), there was a significant difference between control group and experimental group. Based on findings, it can be concluded that peer education method is more effective to be a method for health education toward the students’ knowledge and attitude in tackling HIV/AIDS.

Key Words : Health Education, Peer Education, Knowledge, Attitude


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIK
Jurnal Ilmu Keperawatan
 
ISSN (Print): 2338 – 6371
ISSN (Online): 2550 – 018X
 
Redaksi JIK: Jurnal Ilmu Keperawatan

Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala
Gedung Petronas, Jl. Tgk. Tanoh Abee
Darussalam, Banda Aceh 23111
Telp. (0651) 8053041; Faks. (0651) 8053041
E-mail: jik@unsyiah.ac.id
Website: http://jurnal.unsyiah.ac.id/jik

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Keperawatan by Universitas Syiah Kuala is licensed

under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JIK.