Efektifitas Pelayanan Kesehatan Islami Terhadap Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap

Suci Nofiyanti, Iskandar Iskandar, Riyan Mulfianda

Abstract


Dimensi Spiritual merupakan hal yang sangat penting diperhatikan dalam layanan kesehatan. Ketika seseorang menderita sakit akan berdampak pada kondisi mental yang tidak stabil dan berpengaruh terhadap kesembuhannya. Salah satu upaya yang dilakukan rumah sakit untuk mengatasi persoalan tersebut adalah dengan menyediakan pelayanan kesehatan islami sebagai upaya peningkatan mutu untuk mencapai kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan efektifitas pelayanan kesehatan islami terhadap kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh. Desain penelitian yang digunakan adalah desain cross sectional dengan jenis penelitian deskriptif korelatif. Sampel yang di ambil berjumlah 99 orang dengan metode pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket sebanyak 11 pernyataan pelayanan kesehatan islami dan 22 pernyataan mengenai kepuasan pasien. Hasil analisis dengan tingkat kepercayaan 95% dan nilai α.= 0,05 menunjukkan bahwa adanya hubungan pelayanan kesehatan islami dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD Meuraxa Kota Banda Aceh dengan P value = 0,000 maka hipotesis Ha diterima. Diharapkan kepada pihak rumah sakit agar dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerja pelayanan kesehatan islami dengan melakukan mandatory training kepada petugas untuk mencapai kepuasan pasien.

 

Kata Kunci: Pelayanan Kesehatan Islami, Kepuasan Pasien, Ruang Rawat Inap.

 

Abstract

 

Spiritual Dimension is very important to consider in health services. When a person suffers from illness will have an impact on an unstable mental state and affect his recovery. One of the efforts made by hospitals to overcome these problems is to provide Islamic health services as an effort to improve quality to achieve patient satisfaction. The purpose of this study was to determine the relationship between the effectiveness of Islamic health services and patient satisfaction in the inpatient room at Meuraxa District Hospital, Banda Aceh City. The research design used was a cross sectional design with a descriptive correlative type of research. Samples taken amounted to 99 people with a sampling method that is Purposive Sampling. Data were collected using a questionnaire of 11 Islamic health service statements and 22 statements regarding patient satisfaction. The results of the analysis with a confidence level of 95% and a value of α = 0.05 indicate that there is a relationship between Islamic health services and patient satisfaction in the inpatient room at the Meuraxa Hospital in Banda Aceh City with a P value = 0,000, so the Ha hypothesis is accepted. It is expected that the hospital can maintain and improve the performance of Islamic health services by conducting mandatory training for officers to achieve patient satisfaction.

 

Keywords: Islamic Health Services, Patient Satisfaction, Inpatient Rooms.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JIK
Jurnal Ilmu Keperawatan
 
ISSN (Print): 2338 – 6371
ISSN (Online): 2550 – 018X
 
Redaksi JIK: Jurnal Ilmu Keperawatan

Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala
Gedung Petronas, Jl. Tgk. Tanoh Abee
Darussalam, Banda Aceh 23111
Telp. (0651) 8053041; Faks. (0651) 8053041
E-mail: jik@unsyiah.ac.id
Website: http://jurnal.unsyiah.ac.id/jik

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Keperawatan by Universitas Syiah Kuala is licensed

under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JIK.