REKONSTRUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA KONSEP MATERI GENETIK MELALUI PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 7E

Chairunnisa Chairunnisa, Muhibbuddin Muhibbuddin, Khairil Khairil

Abstract


Penelitian tentang “Rekonstruksi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Materi Genetik melalui Penerapan Model Learning Cycle 7e” telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sigli Kabupaten Pidie pada bulan Maret sampai dengan April 2015. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7e terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa, kemampuan rekonstruksi miskonsepsi siswa dan penurunan miskonsepsi siswa pada materi genetik. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain pretest postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XII yang berjumlah 130 orang siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian sebanyak 60 orang siswa yang dibagi kedalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah soal pilihan ganda model CRI. Pengolahan data dilakukan dengan cara menghitung N-Gain dan selanjutnya membandingkan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan uji-t dan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan konsep, rekonstruksi miskonsepsi, dan penurunan miskonsepsi siswa pada konsep materi genetik melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7e dibandingkan siswa kelompok kontrol yang menggunakan metode diskusi kelompok.

Keywords


Rekonstruksi, Miskonsepsi, Materi Genetik, Learning Cycle 7e

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.