Determinan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan Nilai Perusahaan: Kasus Indonesia

Fachruddin Nur, Erwin Saraswati, Wuryan Andayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji determinan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Sosial Responsibility/ CSR) dan pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap nilai perusahaan. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Ukuran sampel penelitian sebanyak 156 perusahaan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia antara tahun 2014 dan 2017. Regresi data panel dengan model efek acak digunakan untuk menganalisis data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan umur perusahaan, jumlah dewan komisaris, ukuran dan reputasi perusahaan terhadap pengungkapan CSR, namun tidak terdapat pengaruh kinerja keuangan, jumlah kepemilikan saham manajamen, dan likuiditas. Penelitian ini juga menemukan bahwa pengungkapan CSR dapat menentukan nilai perusahaan.


Keywords


Corporate social responsibility, Firm value, Disclosure, Board size, Managerial ownership

Full Text:

PDF

References


Abdulhaq, A. S., & Muhamed, N. A. (2006). Extent of corporate social responsibility disclosure and its determinants: evidence from kindom of saudia arabia. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 7(1), 40-47.

Adams, C. A., & McNicholas, P. (2007). Making a difference: sustainability reporting, accountability and organisational change. Accounting, Auditing & Accountability Journal, 20(3), 382-402.

Agustia, D. (2017). Pengaruh struktur kepemilikan dan dewan komisaris terhadap corporate social responsibility dan reaksi pasar. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 17(3), 376-390.

Ainullia, A. U. (2013). Analisis pengaruh kepemilikan manajemen, kepemilikan institusi, leverage, ukuran perusahaan terhadap pengungkapan corporate social responsibility dan dampaknya terhadap kinerja perusahaan. Eprints UMS, Surakarta.

Al-Ajmi, M., Al-Mutairi, A., & Al-Duwaila, N. (2015). Corporate social disclosure practices in Kuwait. International Journal of Economics and Finance, 7(9), 244-254.

AL-Shubiri, Al-abedallat, & Orabi. (2012). Financial and non financial determinants of corporate social responsibility. Asian Economic and Financial Review, 2(8), 1001-1012.

Alexander, G. J., & Buchholz, R. A. (1978). Corporate social responsibility and stock market performance. Academy of management journal, 21(3), 479-486.

Andayani, D. (2016). Pengaruh profitabilitas, umur perusahaan dan ukuran perusahaan terhadap corporate social responsibility (csr) disclosure (studi empiris pada perusahaan industri dasar dan kimia yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2010-2014). Eprints STIE Perbanas, Surabaya.

Anugerah, R., Hutabarat, R., & Faradilla, W. (2013). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage dan profitabilitas terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan pada perusahaan manufaktur yang listing di BEI. Jurnal Ekonomi, 18(01), 66-78.

Aprilliani, D. U. A. (2017). Pengaruh umur perusahaan, ukuran perusahaan, leverage, ukuran dewan komisaris, dan kepemilikan saham publik terhadap pengungkapan corporate social responsibility (csr) (studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2013-2015). Eprints UMS. Surakarta.

Baba, H. N. (2017). The Determinants of corporate social responsibility disclosure: The case of malaysian government-linked companies in Malaysia. Paper presented at the SHS Web of Conferences, Malaysia.

Barnett, M. L. (2007). Stakeholder influence capacity and the variability of financial returns to corporate social responsibility. Academy of management review, 32(3), 794-816.

Batohir, H. (2016). Kinerja keuangan berpengaruh terhadap pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan otomotif. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 4(6), 1-16.

Bhattacharya, U., & Dittmar, A. (2003). Costless versus costly signaling: Theory and evidence from share repurchases. Paper presented at the Seminar Paper, Alabama, Humboldt, Frankfurt, Illinois, Indiana, INSEAD, Norwegian School of Management, Notre Dame, Penn State and Pittsburgh.

Chen, R. C., & Lee, C.-H. (2017). The influence of CSR on firm value: an application of panel smooth transition regression on Taiwan. Applied Economics, 49(34), 3422-3434.

Daniel, N. U. (2013). Pengaruh ukuran perusahaan, leverage dan likuiditas terhadap luas pengungkapan laporan keuangan (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia). Jurnal Akuntansi, 1(1), 1-22.

Deswanto, R. B., & Siregar, S. V. (2018). The associations between environmental disclosures with financial performance, environmental performance, and firm value. Social Responsibility Journal, 14(1), 180-193.

Fatimah, S., Makhdalenam, & Trisnawati, F. (2016). Pengaruh komisaris independen dan komite audit terhadap pengungkapan corporate social responsibility perusahaan pertambangan di bursa efek indonesia periode 2012 sd 2014. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 3(2), 1-11.

Freeman, R. E., Harrison, J. S., Wicks, A. C., Parmar, B. L., & De Colle, S. (2010). Stakeholder theory: The state of the art: Cambridge University Press, New York.

Godfrey, P. C., Merrill, C. B., & Hansen, J. M. (2009). The relationship between corporate social responsibility and shareholder value: An empirical test of the risk management hypothesis. Strategic management journal, 30(4), 425-445.

Gunawan, J. (2007). Corporate social disclosures by Indonesian listed companies: a pilot study. Social Responsibility Journal, 3(3), 26-34.

Habbash, M. (2016). Corporate governance and corporate social responsibility disclosure: evidence from Saudi Arabia. Social Responsibility Journal, 12(4), 740-754.

Holme, R., & Watts, P. (2000). Corporate social responsibility: Making good business sense, WBCSD. Switzerland.

Ibrahim, M., Solikahan, E. Z., & Widyatama, A. (2015). Karakteristik perusahaan, luas pengungkapan corporate social responsibility, dan nilai perusahaan. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 6(1), 99-106.

Jizi, M., Nehme, R., & Salama, A. (2016). Do social responsibility disclosures show improvements on stock price? The Journal of Developing Areas, 50(2), 77-95.

Kansal, M., Joshi, M., & Batra, G. S. (2014). Determinants of corporate social responsibility disclosures: Evidence from India. Advances in Accounting, 30(1), 217-229.

Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. (2016). Laporan program penilaian peringkat kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup. Jakarta: PROPER

Krisna, A. D., & Suhardianto, N. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 18(2), 119-128.

Larasati, D. D., & Hadi, S. (2016). Pengaruh kondisi keuangan perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia, 15(2), 178-189.

Li, Y., Gong, M., Zhang, X.-Y., & Koh, L. (2018). The impact of environmental, social, and governance disclosure on firm value: The role of CEO power. The British Accounting Review, 50(1), 60-75.

Maiyarni, R., Yetti, S., & Erwati, M. (2016). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, likuiditas, dan leverage terhadap pengungkapan corporate social responsibility (csr) pada perusahaan LQ-45 yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2009-2012. Jurnal Cakrawala Akuntansi, 6(1), 79-94.

Marfuah, & Cahyono, Y. D. (2011). Karakteristik perusahaan dan pengungkapan tanggung jawab sosial. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia, 15(1), 103-119.

McWilliams, A., & Siegel, D. S. (2011). Creating and capturing value: Strategic corporate social responsibility, resource-based theory, and sustainable competitive advantage. Journal of Management, 37(5), 1480-1495.

Mudjiyanti, R., & Maulani, S. S. (2017). Pengaruh likuiditas dan profitabilitas terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan terdaftar di bursa efek indonesia. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi, 13(3), 342-346.

Naser, K., & Hassan, Y. (2013). Determinants of corporate social responsibility reporting: Evidence from an emerging economy. Journal of Contemporary Issues in Business Research, 2(3), 56-74.

Nicolau, J. L. (2008). Corporate social responsibility: Worth-Creating activities. Annals of tourism research, 35(4), 990-1006.

Nussy, T. M. (2014). Pengungkapan tanggung jawab sosial perbankan di Indonesia. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 18(2), 329–334.

Oktariani, N. W., & Mimba, N. P. S. H. (2014). Pengaruh karakteristik perusahaan dan tanggung jawab lingkungan pada pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 6(3), 402-418.

Orlitzky, M., Schmidt, F. L., & Rynes, S. L. (2003). Corporate social and financial performance: A meta-analysis. Organization studies, 24(3), 403-441.

Porter, M., & Kramer, M. (2006). Strategy and society: The link between corporate social responsibility and competitive advantage. Harvard business review, 84(12), 78-92.

Post, J. E., Lawrence, A. T., & Weber, J. (1999). Business and society: Corporate strategy, public policy, ethics. New York: Boston, MA: Irwin/McGraw-Hill, New York.

PricewatehouseCoopers. (2014). Business success beyond the short term: CEO perspectives on Sustainability.

Priyanti, E., Kamayanti, A., & Atmadja, S. S. (2011). Mengeksplorasi kepedulian lingkungan dan sosial pt. akr corporindo tbk melalui laporan CSR (Studi semiotika dan indeks pengungkapan). Jurnal Media Mahardhika, 9(2), 1-27.

Putri, R. W. E., & Baridwan, Z. (2013). Pengaruh profitabilitas terhadap pengungkapan corpoarate social responsibility studi empiris pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di bursa efek indonesia (bei) pada tahun 2010-2012. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 2(2), 1-26.

Rajafi, L. R., & Irianto, G. (2007). Analisis pengungkapan laporan sosial dan lingkungan dalam akuntansi pertanggungjawaban sosial perusahaan (studi pada bursa efek jakarta). Jurnal TEMA, 8(1), 72-91.

Ramdhaningsih, A. (2012). Pengaruh indikator good corporate governance dan profitabilitas pada pengungkapan corporate social responsibility. E-Jurnal Akuntansi, 3(2), 368-386.

Rofiqkoh, E., & Priyadi, M. P. (2017). Pengaruh profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 5(10), 119-128.

Rufino, M. A., & Machado, M. R. (2015). Determinants of voluntary social information disclosure: Empirical evidence in Brazil. Journal of Education and Research in Accounting, 9(4), 367-383.

Samsiyah, E. (2016). Pengaruh profitabilitas, likuiditas dan leverage terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 3(5), 1-14.

Sari, A. I. P., & Andayani, A. (2017). Pengaruh kinerja keuangan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 5(6), 1-16.

Sha, T. L. (2015). Pengaruh ukuran perusahaan, ukuran dewan komisaris, profitabilitas dan leverage terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Jurnal Akuntansi., 18(1), 86-98.

Spence, M. (1973). Job Market Signaling. The Quarterly Journal of Economics, 87(3), 355-374.

Stiglitz, J. E. (2000). The contributions of the economics of information to twentieth century economics. The Quarterly Journal of Economics, 115(4), 1441-1478.

Su, W., Peng, M. W., Tan, W., & Cheung, Y.-L. (2016). The signaling effect of corporate social responsibility in emerging economies. Journal of Business Ethics, 134(3), 479-491.

Surroca, J., Tribó, J. A., & Waddock, S. (2010). Corporate responsibility and financial performance: The role of intangible resources. Strategic management journal, 31(5), 463-490.

Teoh, S. H., Welch, I., & Wazzan, C. P. (1999). The effect of socially activist investment policies on the financial markets: Evidence from the South African boycott. The Journal of Business, 72(1), 35-89.

Utomo, M. M. (2000). Praktek pengungkapan sosial pada laporan tahunan perusahaan di indonesia (Studi Perbandingan antara perusahaan-perusahaan high-profile dan low-profile). Paper presented at the Simposium Nasional Akuntansi 3, Universitas Indonesia, Jakarta.

Waddock, S. A., & Graves, S. B. (1997). The corporate social performance-financial performance link. Strategic management journal, 303-319.

Wang, H., & Qian, C. (2011). Corporate philanthropy and financial performance of Chinese firms: The roles of social expectations and political access. Academy of management journal, 54(6), 1159-1181.

Watson, A., Shrives, P., & Marston, C. (2002). Voluntary disclosure of accounting ratios in the UK. The British Accounting Review, 34(4), 289-313.

World Business Council for Sustainable Development. (2000) Corporate social responsibility : making good business sense. In.

Wulansari, D. D. S. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan pengungkapan tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 4(12), 1-15.

Zuhroh, D., & Sukmawati, I. P. P. H. (2003). Analisis pengaruh luas pengungkapan sosial dalam laporan tahunan perusahaan terhadap reaksi investor. Simposium Nasional Akuntansi VI, 6, 1314-1326.




DOI: https://doi.org/10.24815/jdab.v6i2.14087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Dinamika Akuntansi dan Bisnis

Published by:

Accounting Department incorperated with IAI KAPd Wilayah Aceh
Economics and Business Faculty
Syiah Kuala University
Kopelma Darussalam, Banda Aceh, Indonesia - 23111
ISSN: 2355-9462, E-ISSN: 2528-1143

 

Creative Commons License
Jurnal Dinamika Akuntansi dan Bisnis by Prodi Akuntansi Universitas Syiah Kuala is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JDAB/index.