PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI MANUSIA

Azhari Azhari, Cut Nurmaliah, Rini Safitri

Abstract


Kajian penerapan pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan keterampilan metakognitif siswa pada konsep sistem reproduksi manusia telah dilakukan di SMA Negeri 2 Sigli dengan menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian the one group pre-test and pos-test. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester ganjil pada Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 120 orang. Sampel diambil siswa kelas XI-B yang berjumlah 30 orang. Analisis data dilakukan dengan uji t menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat perbedaan skor keterampilan metakognitif siswa yang signifikan (P>0,05) dengan nilai thiting= 16,76 > ttabel =2,045  antara sebelum dan sesudah pembelajaran berbasis masalah.  Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan keterampilan metakognitif siswa pada konsep sistem reproduksi manusia.


Keywords


Pembelajaran Berbasis Masalah, Keterampilan Metakognitif Siswa, Sistem Reproduksi Manusia





Presented by :

Program Studi Pendidikan Biologi


Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Address:

Jl. T. Hasan Krueng Kalee, Darussalam, Aceh 23111

Visit us for more informations:

Official Website | Facebook | Twitter | Google+


Indexed by:

 



Creative Commons License

Jurnal Biologi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.