PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) DAN LEARNING STRATEGY TERHADAP KESADARAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI PENGARUH KEPADATAN POPULASI MANUSIA TERHADAP LINGKUNGAN

Mauizah Hasanah, Abdullah Abdullah, Sugianto Sugianto

Abstract


Penelitian yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dan Learning Strategy Terhadap Kesadaran Metakognisi dan Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Pengaruh Kepadatan Populasi Manusia Terhadap Lingkungan”. telah dilakukan pada bulan Mei sampai dengan Juni 2013 di MTsN Rukoh Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model SQ3R dan Learning Strategy terhadap kesadaran metakognisi dan hasil belajar kognitif serta hubungan antara kesadaran metakognisi dan hasil belajar kognitif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dan deskriptif untuk 2 kelas experimen dan satu kelas kontrol  dengan desain One-variable Multiple-condition . Data penelitian diperoleh dengan pemberian posttes dan angket MAI (Metacognitive Awareness Inventory) pada akhir pembelajaran. Data dianalisis dengan menggunakan uji t dan deskriptif. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa nilai t-hitung > dari t-tabel 1,645. Kesadaran metakognisi menunjukkan nilai t-hitung > t-tabel. Kesadaran metakognisi kelas eksperimen 1 adalah 0,74, kelas eksperimen 2 adalah 0,41 dan kelas kontrol 0,15. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan kesadaran metakognisi dan hasil belajar kognitif dengan penerapan model SQ3R dan Learning Strategy dan adanya hubungan antara kesadaran metakognisi dan hasil belajar kognitif.

Keywords


SQ3R, Learning Strategy, Hasil belajar, Kesadaran Metakognisi





Presented by :

Program Studi Pendidikan Biologi


Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Syiah Kuala

Address:

Jl. T. Hasan Krueng Kalee, Darussalam, Aceh 23111

Visit us for more informations:

Official Website | Facebook | Twitter | Google+


Indexed by:

 



Creative Commons License

Jurnal Biologi Edukasi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.