SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MIN 2 KOTA TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH.

Dedy Mustafid, Khairuddin, Sakdiah Ibrahim.

Abstract


Abstraction: The improvement of teacher’s performance is strongly influenced by the role of principal as supervisor through academic supervision. This study was aimed at determining the academic supervision program of principal in improving teacher performance, implementing academic supervision program in improving teacher performance, and following up the principal academic supervision in improving teacher performance. This research used qualitative approach. The result showed that: (1) the preparation of academic supervision program was compiled at the beginning of the school year by involving the teachers. Academic supervision program was compiled based on the program faced by the teachers in learning process and adjusted to the needs of teacher, and (2) the implementation of academic supervision was based on the program that have been prepared by using several techniques such individual and group, and (3) the follow-up was conducted by the principal by giving guidance to teachers  who have not met the standars and by giving reward to teachers who have met the standard. Based on the result, the implementation of academic supervision of the principal in improving teachers’s performance at MIN 2 of Takengon, Aceh Tengah regency has not done well.

Keywords: Academic Supervision and Teacher Performance

Abstrak: Dalam meningkatkan kinerja guru, sangat dipengaruhi oleh peran kepala madrasah sebagai supervisor melalui supervisi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru, pelaksanaan supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru, dan tindak lanjut supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala madrasah dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penyusunan program supervisi akademik disusun pada awal tahun ajaran dengan mengikutsertakan guru-guru. Program supervisi akademik disusun berdasarkan permasalahan yang dihadapi guru tentang pembelajaran serta menyesuaikan dengan kebutuhan guru; (2) pelaksanaan supervisi akademik sesuai dengan program yang telah disusun dengan menggunakan beberapa teknik supervisi diantaranya teknik individual dan teknik kelompok; dan  (3) Tindak lanjut yang dilakukan kepala madrasah dengan memberikan pembinaan pada guru yang belum memenuhi standar serta penghargaan pada guru yang memenuhi standar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru pada MIN 2 Kota Takengon belum terlaksana dengan baik dalam peningkatan kinerja guru.

Kata Kunci: Supervisi Akademik dan Kinerja Guru.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office

 

Jurnal Administrasi Pendidikan

Jalan. Tgk Chik Pante Kulu No. 5 Komplek Universitas Syiah Kuala Darussalam, Banda Aceh 23111. Telp : (0651) 7407659, 7555110, Fax : (0651) 7551002.Cp:+62-85277963816. Website: www.pps.unsyiah.ac.id
e-mail: sjmpascasarjana@gmail.com

 

e-ISSN: 2302-0156