FAKTOR-FAKTOR BAURAN PEMASARAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN

Masri Saragih, Jek Amidos Pardede, Flora Sijabat

Abstract


ABSTRAK

Rumah sakit merupakan salah satu institusi pelayanan kesehatan yang mempunyai peran penting dalam meningkatkan derajat kesehatan. Awalnya rumah sakit didirikan dengan tujuan sosial dan berhubungan dengan keagamaan. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, tujuan rumah sakit tidak hanya pelayanan sosial tetapi juga pada tujuan ekonomi bahkan komersial. Hal ini sangatdipengaruhi oleh faktor globalisasi. Strategi pemasaran jasa dibuat untuk memberi petunjuk pada para manager bagaimana agar produk jasa yang di hasilkan dapat sampai pada konsumen dan bagaimana memotivasi konsumen untuk membelinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor bauran pemasaran antara lain produk, lokasi, promosi, petugas rumah sakit, proses, dan bukti fisik yang berhubungan dengan kepuasan pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Sari Mutiara Medan. Jenis penelitian kuantitif dan menggunakan metode rancangan cross sectional study dengan jumlah populasi 6.051 dan sampel sebanyak 100 orang yang ditentukan dengan accidental sampling dengan alat ukur menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara faktor produk dengan kepuasan pasien dengan nilai p-value < α (0,000<0.005), ada hubungan yang signifikan antara faktor lokasi dengan kepuasan pasien dengan nilai p-value < α (0,001<0.005), ada hubungan yang signifikan antara faktor promosi dengan kepuasan pasien dengan nilai p-value < α (0,013<0.005), ada hubungan yang signifikan antara faktor petugas rumah sakit dengan kepuasan pasien dengan nilai p-value < α (p=0,000;p<0.005). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan produk, lokasi, promosi, petugas rumah sakit dengan kepuasan pasien. Dari hasil penelitian ini direkomendasikan pada Rumah Sakit Umum Sari Mutiara Medan agar meningkatkan bauran pemasaran yang telah dilakukan serta meningkatkan layanan kesehatan kepada pasien agar kepuasan pasien tercapai.

Kata kunci : faktor bauran pemasaran,  Kepuasan pasien, Instalasi rawat jalan

                                  

ABSTRACT

Hospitals are one health service institution that has an important role in improving health status. Initially the hospital was founded with a social purpose and associated with religious. But over time, the goal of the hospital is not only social services but also economic and even economic goals. This is greatly influenced by the factors of globalization. A service marketing strategy is created to instruct managers how to make the products they produce can reach consumers and how to motivate consumers to buy them. This study aims to determine the factors of marketing mix such as product, location, promotion, hospital personnel, process, and physical evidence related to patient satisfaction at the Outpatient Installation of Sari Mutiara General Hospital Medan. This type of research is quantitative and using cross sectional study design method with population of 6,051 and sample of 100 people determined by accidental sampling with measuring instrument using questioner. The result showed that there was a significant correlation between the product factor and patient satisfaction with p-value <α (0,000 <0.005), there was a significant correlation between location factor and patient satisfaction with p-value <α (0.001 <0.005), there is a significant correlation between promotion factor and patient satisfaction with p-value <α (0,013 <0.005), there is a significant correlation between hospital staff factor and patient satisfaction with p-value <α (p = 0,000; p <0.005 ). So it can be concluded that there is a relationship product, location, promotion, hospital staff with patient satisfaction. From the results of this study recommended at General Hospital Sari Mutiara Medan to improve the marketing mix that has been done and improve health services to patients to achieve patient satisfaction.

Keywords: marketing mix factors, patient satisfaction, outpatient installation


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INJ

IDEA NURSING JURNAL

ISSN (Print) : 2087-2879

ISSN (Online) : 2580-2445

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:idea.nursingjournal@gmail.com

  
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.