PENGEMBANGAN CARING CODE DALAM PENDIDIKAN NERS TAHAP AKADEMIK DI STIKes SANTA ELISABETH MEDAN

Siti Meilan Simbolon, Setiawan, Setiawan, Achmad Fati

Abstract


ABSTRAK

Caring code merupakan suatu panduan yang dikembangkan sebagai pedoman dalam menerapkan perilaku caring. Institusi pendidikan keperawatan di Indonesia baik program diploma III, program Ners, program magister dan program doktor belum ada yang memiliki panduan dalam menerapkan perilaku caring baik bagi dosen maupun mahasiswa. Hal ini menyebabkan lulusan perawat yang dihasilkan oleh institusi pendidikan keperawatan belum mampu menampilkan perilaku caring secara utuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan caring code dalam pendidikan Ners tahap akademik di STIKes Santa Elisabeth Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah action research. Intrumen untuk pengumpulan data ada 2 jenis yaitu panduan focus group discussion (FGD) dan kuesioner tentang perilaku caring. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 10 orang dosen dan 14 orang mahasiswa. Data dianalisa secara kualitatif dan kuantitatif. Analisa data kualitatif menggunakan content analysis dan analisa data kuantitatif menggunakan distribusi frekuensi. Penelitian ini menghasilkan caring code untuk dosen dan mahasiswa. Caring code tersebut telah menjadi satu kebijakan baru dalam bentuk surat keputusan dalam menerapkan caring code bagi program studi Ners di STIKes Santa Elisabeth Medan. Direkomendasikan bagi institusi pendidikan Ners di Indonesia untuk dapat menggunakan hasil penelitian ini atau mengembangkan caring code sesuai dengan kebutuhan dan setting masing-masing institusi pendidikan keperawatan di Indonesia.

Kata Kunci : caring code, pendidikan keperawatan, dosen keperawatan, mahasiswa keperawatan.

 



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INJ

IDEA NURSING JURNAL

ISSN (Print) : 2087-2879

ISSN (Online) : 2580-2445

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail: inj@unsyiah.ac.id

  
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.