HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA

Hasmila Sari, Shabri, Shabri

Abstract


ABSTRAK

Kurikulum Berbasis Kompetensi menuntut mahasiswa secara aktif dan mandiri menggali informasi untuk memecahkan masalah melalui metode problem based learning. Hal tersebut dapat menumbuhkan motivasi belajar mahasiswa namun dapat juga sebaliknya jika tuntutan pembelajaran dirasa terlalu padat dan melelahkan. Setiap mahasiswa memiliki kepribadian yang berbeda satu sama lain yang dapat mempengaruhi motivasinya termasuk dalam hal kegiatan belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan tipe kepribadian dengan motivasi belajar mahasiswa Kurikulum Berbasis Kompetensi Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Penelitian dilaksanakan mulai 22 Mei sampai 12 Juni 2014. Jenis penelitian adalah deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi pada penelitian yaitu seluruh mahasiswa KBK Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala berjumlah 475 orang dengan sampel sebanyak 157 responden terdiri dari angkatan 2010, 2011, 2012, dan 2013 dengan teknik pengambilan sampel stratified random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang pengumpulan datanya dilakukan melalui penyebaran angket. Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Chi square. Hasil penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan yang bermakna antara tipe kepribadian dengan motivasi belajar mahasiswa (p = 0,103).  Saran  bagi  Fakultas  Keperawatan  Universitas  Syiah Kuala agar mengoptimalkan mata kuliah psikologi kepribadian dengan menambahkan tes tipe kepribadian bagi mahasiswa sehingga mahasiswa dapat lebih mengenal kepribadiannya untuk dapat memaksimalkan performa dalam kehidupan sehari-hari.

 Kata kunci : tipe kepribadian, motivasi belajar, mahasiswa.

 

ABSTRACT

Competency-Based  Curriculum  requires  students  to  actively  and  independently gather information to solve the problem through a problem based learning methods. It can motivate students to learn, but can also reverse if the demands of learning is too dense and exhausting. Each student has a different personality each other that can affect the motivation, including in terms of learning activities. The purpose of this reseach was find out the correlation between personality type and motivation to learn in student with competency-based curriculum. The research was excuted from May 22nd to June 12th 2014. This was a correlative research with cross sectional study approach. The population of this research was all of competency-based  learning totaling 475 people with 157 samples that consists of students from the class of 2010, 2011, 2012 and 2013. The samples were collected with stratified random sampling methods. Data were collected by using questionnaire method and analyzed with Chi Square test. The results showed that there was no significant correlation between personality type and motivation to learn (p = 0,103). Suggestions for Nursing Faculty of Syiah Kuala University in order to optimize the psychology of personality course by adding personality type test for the students  so that they can get to know their personality and able to maximize performance in daily life.

 Keywords : personality type, motivation to learn, students


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INJ

IDEA NURSING JURNAL

ISSN (Print) : 2087-2879

ISSN (Online) : 2580-2445

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:idea.nursingjournal@gmail.com

  
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.