PENGARUH PENGETAHUAN PASIEN TENTANG HAKNYA TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RSUDZA

Sri Intan Rahayuningsih, Ardia Putra

Abstract


ABSTRAK


Hak pasien merupakan bagian dari standar pelayanan yang ditetapkan yang dapat meningkatkan kepuasan
pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diterimanya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
dengan tujuan mengetahui berapa besar pengaruh pengetahuan pasien tentang hak pasien terhadap kepuasan
pasien di Ruang Rawat Inap BPK-RSUZA. Data dikumpulkan dengan cara proportional random sampling
melalui survei 97 responden dan dianalisis menggunakan metode analisis regresi linier sederhana dan uji
korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kepuasan pasien rawat inap belum dicapai secara maksimal
(3,2735 dalam skala Likert 1-5) dan belum memahami mengenai hak-haknya. Uji korelasi menunjukkan
hubungan yang tidak begitu kuat antar dua variabel dan hasil perhitungan R-square menunjukkan pengaruh
pengetahuan hak terhadap kepuasan pasien masih relatif kecil yaitu 26,3 persen. Dari uji-t dapat disimpulkan
adanya pengaruh signifikan antara variabel pengetahuan pasien tentang hak-hak pasien dengan kepuasan
pasien. Pengetahuan pasien tentang hak-hak pasien mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan pasien
yang berarti perlu berbagai informasi untuk meningkatkan pengetahuan tentang hak-hak pasien akan
meningkatkan kepuasan pasien sebagai pengguna pelayanan jasa kesehatan.
Kata kunci: hak-hak pasien, kepuasan pasien, pelayanan kesehatan.


ABSTRACT


The patient rights which are the part of specified service standard. It can improve satisfaction of patient to
service of health which was accepted. This research was quantitative research and the target is to know how
far influence of patient knowledge concerning patient rights to patient satisfaction in ward at general
hospital Dr. Zainoel Abidin. Participant collect with proportional random sampling. Primary data are
collected by survey of 97 participant and analyze used simple linier regression and correlation test. Result of
research are indicate that mean satisfaction of patient is (3,2735 in scale of Likert 1-5) and this indicated
that satisfaction of patient not yet maximal and not yet entire patient comprehend their rights. Correlation
test show less relation of strength between both variable that is knowledge of patient concerning the rights is
not become reached especial determinant patient satisfaction. Result of calculation R-square is 26,3 percent.
Pursuant to t-test obtained the existence of clear influence between variable knowledge of patient concerning
the rights of patient satisfaction. Knowledge of patient concerning the rights of having positive influence to
satisfaction of patient. Information to improve knowledge of patient concerning the rights can improve
satisfaction of patient as consumer of service of health.


Keyword: patient rights, patient satisfaction, health service.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INJ

IDEA NURSING JURNAL

ISSN (Print) : 2087-2879

ISSN (Online) : 2580-2445

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:idea.nursingjournal@gmail.com

  
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.