SOFT SKILL MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA PADA KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DAN PENDEKATAN LECTURING 2011

Hilman Syarif

Abstract


Student Centered Learning (SCL) efektif mengembangkan soft skill dan hard skill mahasiswa yang
dibutuhkan dalam mendukung kesuksesan dalam menjalankan profesinya. Program Studi Ilmu
Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (PSIK FK Unsyiah) merupakan salah satu
program studi yang sudah menjalankan kurikulum berbasis kompetensi dengan metode pembelajaran
problem based learning (PBL) sejak Juli 2010. Berdasarkan testimoni dari beberapa pengajar
didapatkan informasi bahwa terdapat perbedaan pada mahasiswa yang menggunakan metode PBL
dengan konvensional atau lecturing dalam segala hal, termasuk dalam soft skillnya, tetapi belum
dilakukan penelitian untuk mengidentifikasi signifikansi perbedaannya. Penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi perbedaan soft skill mahasiswa PSIK FK Unsyiah pada metode PBL dengan metode
lecturing. Desain penelitian adalah deskripif komparatif. Sampel penelitian terdiri dari 15 orang
mahasiswa pada metode PBL dan 15 orang mahasiswa pada metode lecturing yang ditentukan melalui
simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata soft skill mahasiswa pada metode
pembelajaran PBL adalah 122,63, sementara pada metode pembelajaran lecturing dengan rata-rata
116,27. Kesimpulan penelitian adalah terdapat perbedaan yang bermakna soft skill mahasiswa pada
metode belajar PBL dan lecturing (p value = 0,038; alpha= 0,05). Rekomendasi penelitian ini kepada
manajemen PSIK FK Unsyiah, agar dapat mempertahankan metode PBL dan mengembangkan
metode- metode pembelajaran lain yang dapat meningkatkan hard skill dan soft skill mahasiswa.
Kata Kunci: soft skill, PSIK FK Unsyiah, PBL 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INJ

IDEA NURSING JURNAL

ISSN (Print) : 2087-2879

ISSN (Online) : 2580-2445

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:idea.nursingjournal@gmail.com

  
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.