PERBANDINGAN KECERDASAAN EMOSIONAL MAHASISWA KONVENSIONAL DAN KBK PADA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN-FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA

Ardia Putra, Hilman Syarif

Abstract


Kecerdasan emosional merupakan kemampuan dalam mengenali perasaan diri sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri, kemampuan mengelola emosi pada diri sendiri dan berhubungan dengan orang lain. Kecerdasan emosional ini sangat dibutuhkan oleh mahasiswa keperawatan, sebab mereka akan berhubungan dengan pasien, keluarga dan masyarakat yang mempunyai latar belakang budaya dan sifat yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan kecerdasan emosional mahasiswa keperawatan metode konvensional dan mahasiswa metode KBK di PSIK- FK Unsyiah. Desain penelitian yang digunakan adalah comparative study dengan pendekatan Cross Sectional Study. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam bentuk skala likert. Mahasiswa yang menjadi responden adalah mahasiswa angkatan 2009 (metode konvensional) dan mahasiswa angkatan 2010 (metode KBK). Analisis data menunjukkan nilai rata-rata kecerdasan emosional mahasiswa konvensional adalah 76,96 lebih rendah dibandingkan mahasiswa KBK sebesar 80,24. Hasil uji statistik yang digunakan dalam analisis bivariat adalah independent sample t-test pada tingkat kepercayaan 95% (α=0,05), didapatkan t hitung sebesar 3,146 dan p-value = ,002 (α = 0,05), dengan demikian t hitung (3,146) > t tabel (1,98) dan p-value < 0,05 sehingga hipotesa null (Ho) ditolak. Ini berarti terdapat perbedaan kecerdasan emosional mahasiswa konvensional dan KBK di PSIK-FK Unsyiah. Diharapkan bagi pengelola KBK PSIK-FK Unsyiah agar dapat membekali mahasiswa keperawatan dengan soft skillyang baik dalam proses belajar mengajar dalam rangka meningkatkan kecerdasan emosional pada mahasiswa keperawatan Universitas Syiah Kuala. 

Full Text:

Download PDF

References


Baharuddin & Makin, M. (2004). Pendidikan humanistik. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Bahaudin, T. (2003). Brainware management (Ed. 4). Jakarta: EGC.

Fidiyani, R. (2010). Pergeseran Paradigma dalam Peendidikan Tinggi Hukum. Jurnal Dinamika Hukum Vol.10 No.3. Semarang:Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang. Diakses tanggal 12 Maret. 2012 Dalam (http://fh.unsoed.ac.id//.pdf)

Goleman, D. (2005). Emotional inteligence (Ed. 17). Jakarta: Gramedia.

Ismayuniar. (2009). ESQ bagi perawat, diperoleh tanggal 14 Mei 2009

Mubayidh, M. (2007). Kecerdasan & kesehatan emosional anak (Ed. 3). Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Nggermanto, A. (2005). Kecerdasan quantum (Ed. 4). Bandung. Nuansa.

Notoatmodjo, S. (2005). Metode penelitian kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Sari, A. P. & Djuniarto, E. (2010). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Psikologi Tingkat Satu Universitas Gunadarma. Fakultas psikologi gunadarma diakses dari http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1131/1/10506032.pdf pada tanggal 3 Oktober 2013.

Satiadarma, M. (2003). Mendidik kecerdasan. Jakarta : Pustaka Populer Obor.

Senduk, A. G. (2003). Pembelajaran konseptualitas dan penerapan dalam KBK. Malang: UMPRESS.

Sumijatun. (2010). Konsep dasar menuju keperawatan profesional. Jakarta : TIM.

Wade & Tavris, C. (2008). Psikologi. Jilid 2, (Ed. 9). Jakarta: Erlangga


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INJ

IDEA NURSING JURNAL

ISSN (Print) : 2087-2879

ISSN (Online) : 2580-2445

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:idea.nursingjournal@gmail.com

  
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.