STRATEGI IBU MENGATASI PERILAKU TEMPER TANTRUM PADA ANAK USIA TODDLER DI RUMAH SUSUN KEUDAH KOTA BANDA ACEH

Sri Intan Rahayuningsih

Abstract


Temper trantum merupakan suatu luapan emosi yang tidak terkontrol pada anak. Banyak orangtua tidak mengenal istilah ini, namun sangat akrab dengan perilaku yang ditunjukkan anak saat mengalami temper tantrum seperti menangis keras-keras, berteriak, menjerit, memukul, menggigit, mencubit, menendang, serta melempar badan ke lantai. Orangtua perlu memiliki strategi yang tepat agar reaksi emosi anak tidak akan menyakiti diri sendiri dan orang lain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi ibu mengatasi perilaku temper tantrum pada anak usia toddler di Rumah Susun Keudah Kota Banda Aceh. Desain penelitian adalah deskriptif eksplorasi dengan jumlah responden sebesar 31 orang menggunakan teknik total sampling. Alat pengumpulan data yaitu kuesioner dengan menggunakan teknik wawancara terpimpin. Hasil analisis univariat didapatkan data distribusi frekuensi strategi ibu sebelum temper tantrum berada pada kategori positif (61,3%), distribusi frekuensi strategi ibu saat temper tantrum berlangsung berada pada kategori positif (51,6%), distribusi frekuensi strategi ibu setelah tantrum berada pada kategori negatif (51,6%,). Secara umum distribusi strategi ibu mengatasi temper tantrum berada pada kategori positif (51,6%). Diharapkan orang tua mampu menggunakan strategi yang tepat dalam mengatasi temper tantrum pada anak sebagai upaya mengajarkan anak cara mengontrol emosi dan mencegah temper tantrum yang menetap. 

Full Text:

Download PDF

References


Alitani, L. (2009). Pengaruh metode sosial story terhadap penurunan perilaku temper tantrum pada anak prasekolah di RW 20 kampung Liu Depok. Diakses dari http://digilib.unimus.ac./ Dikutip tanggal 20 Juni 2013.

Gracinia, J. (2005). Ajari aku solusi praktis untuk 30 perilaku anak yang menjengkelkan. Jakarta: Gramedia.

Hayes, E. (2003). Tantrum: Panduan memahami dan mengatasi ledakan emosi anak. Jakarta : Erlangga.

Hurlock. (2000) Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Laforge.A.E. (2002). Kiat-kiat meredakan badai kerewelan balita anda. Bandung: Kaifa.

Mireault, G,. & Trahan, J. (2007). Tantrum and anxiety in eearly chilhood : A pilot study. Early Chilhood Reaseach And Practice Journal. Vol.9.no.2. Diakses dari http://www.icrp. uiuc. Edu. Dikutip tanggal 13 Maret 2013.

Muttaqin, Z. (2009). Psikologi anak dan pendidikan. Diakses dari http://luluvikar.files.wordpress.com. Dikutip tanggal 13 Maret 2013.

Surya, S., & Robert, H. (2004). Panduan lengkap perawatan untuk bayi dan balita. Jakarta: Arcan.

Sudigdo, S & Sofyan, I. (2008). Dasar-dasar metodologi penelitian klinis. Jakarta: Sagung Seto.

Tandry, N. (2010). Bad behaviour, tantrum, and tempers: Panduan bagi orang tua untuk mengatasi dan memahami perilaku buruk yang sering terjadi pada balita 2-4 tahun. Jakarta: Gramedia.

Ubaedy, A .N. (2009). Cerdas mengasuh anak. Jakarta Selatan: KinzaBooks.

Wong, D.L., Hockenberry. M., Wilson, D., Winkelstein, M,. & Schwartz, P. (2009). Buku ajar keperawatan pediatrik. Vol 1. Jakarta: EGC.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INJ

IDEA NURSING JURNAL

ISSN (Print) : 2087-2879

ISSN (Online) : 2580-2445

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:idea.nursingjournal@gmail.com

  
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.