HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN INDEKS PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH BANDA ACEH

Muhammad Yusuf

Abstract


Motivasi merupakan sebuah konsep eksplanatoris yang dimanfaatkan untuk memahami perilaku-perilaku yang diamati. Perawat harus memiliki tiga kemampuan yaitu: pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Prestasi akademik merupakan perubahan dalam hal kecakapan tingkah laku ataupun kemampuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan indeks prestasi akademik pada mahasiswa PSIK-FK Unsyiah Banda Aceh Tahun 2013. Jenis penelitian adalah deskriptif korelatif menggunakan desain cross sectional study. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan 26 item pernyataan dalam skala likert. Teknik analisis data menggunakan uji statistik chi-square, hasil penelitian adalah ada hubungan antara hasrat dan keinginan belajar/berhasil (P-value 0,001), dorongan kebutuhan belajar (P-value 0,000), harapan akan cita-cita (P-value 0,000), penghargaan (P-value 0,024), lingkungan belajar yang kondusif (P-value 0,001), kegiatan yang menarik (P-value 0,025) dengan indeks prestasi akademik pada mahasiswa. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara motivasi belajar (P-value 0,000) dengan indeks prestasi akademik pada mahasiswa PSIK-FK Unsyiah Banda Aceh Tahun 2013. Institusi pendidikan disarankan untuk lebih meningkatkan sarana dan prasarana serta kemampuan mahasiswa sehingga menjadi perawat profesional.


Full Text:

PDF

References


Alimuddin. (2012). Hubungan Motivasi Menjadi Perawat dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa S1 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Semarang. http://digilib.unimus.ac.id, diakses tanggal 23 maret 2013).

Andarmoyo, S. (2011). Hubungan Minat dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Anatomi Fisiologi pada Mahasiswa DIII Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo. http://pasca.uns.ac.id, diakses tanggal 19 Juni 2013).

Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Irmayanti, A. (2009). Hubungan Motivasi Belajar dengan Pretasi Belajar Mahasiswa Keperawatan UMI Angkatan 2008. http://www.nursingcare07.com diakses tanggal 5 Juli 2013).

Kamaluddin, R. (2005). Intelegensia Berprestasi. http://www.e-psikologi.com. Diperoleh tanggal 18 Maret 2013.

Maria, E. (2010). Hubungan Penghargaan Intrinsik Terhadap Motivasi Kerja di Universitas Kristen Satya Wacana. http://unisbank.ac.id, diakses tanggal 19 Juni 2013).

Marquis & Huston. (2010). Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan Teori & Aplikasi Edisi 4. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Mustika, I. (2006). Hubungan Antara Motivasi Menjadi Bidan Dengan Prestasi Belajar Asuhan Kebidanan Ibu Hamil pada Mahasiswa Program Studi DIII Kebidanan. (http://androskripsi.ac.id, diakses tanggal 5 Juli 2013).

Pujadi, A. (2007). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa Studi Kasus pada Fakultas Ekonomi Universitas Bunda Mulia. (http://repository.ubm.ac.id, diakses tanggal 19 Juni 2013).

Sardiman. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slavin, R.E. (2009). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik Edisi Kedelapan, Jilid 2. Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Sobur, A. (2010). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Sunarsih, T. (2010). Hubungan Antara Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar dan Bimbingan Akademik Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di Stikes Ahmad Yani Yogyakarta. (http://www.google.com.

Syah, M. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Uno, H. B. (2010). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INJ

IDEA NURSING JURNAL

ISSN (Print) : 2087-2879

ISSN (Online) : 2580-2445

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:idea.nursingjournal@gmail.com

  
Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.