Pengembangan Model Concept Sentence Learning Berbasis Budaya Multietnis untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep dan Kepedulian Sosial Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alhaddad, M. R. (2020). Konsep pendidikan multikulturan dan pendidikan inklusif. Jurnal Raudhah, 5(1), 21–30. ejournal.stit-ru.ac.id/index.php/raudhah/article/view/57
Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Raflesia, 4(2), 120–135. https://doi.org/1033449/jpmr.v4i2.9761
Depdiknas No 35. (2018). Perubahan atas peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 tentang kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.
Hamimi, L., Ikhsan, M., & Abidin, Z. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran pembuktian menggunakan model pembelajaran guided inquiry untuk meningkatkan kemampuan geometri siswa sekolah menengah atas. Jurnal Didaktik Matematika, 5(1), 16–26. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i1.10124
Hartati, S., Abdullah, I., & Haji, S. (2017). Pengaruh kemampuan pemahaman konsep, kemampuan komunikasi dan koneksi terhadap kemampuan pemecahan masalah. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 43-72.
Hendrayana, A. (2017). Pengaruh pembelajaran pendekatan rigorous mathematical thinking (RMT) terhadap pemahaman konseptual matematis siswa SMP The effect of rigorous mathematical thinking ( RMT ) learning approach on students’ understanding of mathematical concepts. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 186–199. https://doi.org/10.21831/jrpm.iv4i2.15385
Himmah, F., Tukidi, & Mulianingsih, F. (2019). Implementasi pendidikan karakter peduli sosial di SMP N1 karangtengah demak. Jurnal Sosioliul, 1(2), 158-163. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/sosiolium/article/view/36421/15001
Hobri. 2009. Metode penelitian pengembangan. Jember: Word Editor.
Huda, M. (2013). Model -model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Hudojo, H. (2005). Pengembangan kurikulum dan pembelajaran matematika. Malang: Universitas Negeri Malang Press.
Itoh, M., & Prabawanto, S. (2015). Peningkatan pemahaman konsep matematis dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas V sekolah dasar melalui pembelajaran eksploratif. Jurnal EduHumaniora,7(2) 186-197.
Khairiyah, U., Kirana, T., & Widodo, W. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran ipa pendekatan scientific pada pokok bahasan pencemaran lingkungan untuk melatihkan life skills siswa SMP dan meningkatkan hasil belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 5(2), 1016–1022. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jpps.v5n2.p1016-1022
Komara, E. (2018). Penguatan pendidikan karakter dan pembelajaran abad 21. Sipatahoenan, 4(1).
Kristin, F. (2015). Pendidikan guru Sekolah Dasar –FKIP – UKSW Salatiga. Jurnal Scholaria, 5(2), 20–21. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p46-59
Mutahir, A., & Darodjat, A. (2015). Pengaruh model pembelajaran cooperative tipe concept sentence terhadap hasil belajar matematika siswa. Academia.edu.
Nafsiati, R. A., Ahmad, V., & Intan, N. M. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis keterampilan proses sains untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa madrasah ibtidaiyah. In Proceeding International Conference on Islamic Education (ICIED), [S.l.], v. 4, n. 1, p. (pp. 38–46). Retrieved from http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/icied/article/view/1064
Nieveen, N. (1999). Prototyping to reach product quality. In: Van den Akker J., Branch R.M., Gustafson K., Nieveen N., Plomp T. (eds) design approaches and tools in education and training. In Design Approaches and Tools in Education and Training (pp. 125–135). Netherlands: Springer, Dordrecht. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-94-011-4255-7_10
Norsanty, U. O., & Chairani, Z. (2016). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) materi lingkaran berbasis pembelajaran guided discovery untuk siswa SMP kelas VIII. Math Didaktic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12–23. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/math.v2i1.23
Nurhayati, E., Nengsih, W., Rohaeti, E. E., & Herdiman, I. (2018). Pengembangan bahan ajar materi garis istimewa pada segitiga dengan pendekatan problem posing berbantuan geogebra. Jurnal Didaktik Matematika, 5(1), 54–65. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i1.10073
Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational design research. enschede. University of Twente.
Rakhmawati, I. A., & Alifia, N. N. (2018). Kearifan lokal dalam pembelajaran matematika sebagai penguat karakter siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(2), 186-196. https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/view/26054
Rohaeti, E. E. (2011). Transformasi budaya melalui pembelajaran matematika bermakna di sekolah. Jurnal Pengajaran MIPA, 16(1), 139–147. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v16i1.274
Samani, M., & Hariyanto. (2013). Pendidikan karakter konsep dan model. Bandung :Rosdakarya.
Sari, M. Y. (2014) Pembinaan toleransi dan peduli sosial dalam upaya memantapkan watak kewarganegaraan (civic dispotion) siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23 (1), 15-26. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2059
Suprijono, A. (2012). Metode dan Model-model mengajar. Bandung: Alfabeta.
Syamsul, K. (2013). Pendidikan karakter. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Triwibowo, Pujiastutu, E., & Suparsih, H. (2018). Meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan daya juang siswa melalui strategi trajectory learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1,347-353. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19615
Wahyuni, F. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran berdasarkan masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMP negeri 3 sunggaL. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(2), 17–29. https://doi.org/https://doi.org/10.30743/mes.v2i2.127
Yusnaini. (2018). Toleransi Antar kelompok etnis di kalangan mahasiswa Universitas Sriwijaya. Majalah Ilmiah Sriwijaya, 31 (25), 1-9.
DOI: https://doi.org/10.24815/jdm.v7i2.17606
Refbacks
Copyright (c) 2020 Nindy Citroresmi Prihatiningtyas, Rika Wahyuni, Mariyam Mariyam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Didaktik Matematika
ISSN 2355 – 4185 (print) | 2548 – 8546 (online)
Published by:
Master Program of Mathematics Education incorporated with Himpunan Matematika Indonesia (Indonesian Mathematical Society/IndoMs)
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas Syiah Kuala
Darussalam, Banda Aceh, Indonesia - 23111
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/DM/
Email : jurnal.jdm@unsyiah.ac.id
Jurnal Didaktik Matematika by Program Studi Magister Pendidikan Matematika FKIP Universitas Syiah Kuala is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.unsyiah.ac.id/DM