Analisis Kesalahan Siswa SMP pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariyunita, N. (2012). Analisis kesalahan dalam penyelesaian soal operasi bilangan pecahan (penelitian pada siswa kelas VII SMPN 2 Karanggede). Tersedia online http://eprints.ums.ac.id/21133, diakses 11 Juni 2017.
Capate, R. N. A., & Lapinid, M. R. C. (2015). Assessing the mathematics performance of grade 8 students as basis for enhancing instruction and aligning with K to 12 curriculum. Proceedings of the De La Salle University (DLSU) Research Congress Vol. 3, LLI-II-20,
Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto, S. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan tahapan newman beserta bentuk scaffolding yang diberikan. Kadikma, 8(1), 40-51.
Hartini. (2007). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita kompetensi dasar menentukan sifat dan menghitung besar-besaran segiempat siswa kelas VII semester II tahun pelajaran 2006/2007. Tesis. Universitas Negeri Surakarta.
Haryati, T., Suyitno, A., & Junaedi, I. (2016). Analisis kesalahan siswa SMP kelas VII dalam menyelesaikan soal cerita pemecahan masalah berdasarkan prosedur newman. Unnes Journal of Mathematics Education (UJME), 5(1), 8-15.
Hasibuan, I. (2015). Hasil belajar siswa pada materi bentuk aljabar di kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal Peluang, 4(1), 5-11.
Jupri, A., Drijvers, P. H. M., & Van den Hauvel-Panhuizen, M. (2015). Improving grade 7 students’ achievement in initial algebrathrough a technology-based intervention. Digital Experiences in Mathematics Education, 1(1), 28-58.
Khaidir, C., & Rahmi, E. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika kelas X.2 SMAN 1 Salimpaung berdasar metode kesalahan newman. Proceeding of international seminar on
Education 2016, Faculty of Trabiyah and teacher Training, IAIN Batusangkar, 1(2) 103-110.
Mahsup, M. (2010). Penerapan strategi investigasi untuk meningkatkan pemahaman tentang sistem persamaan linier (SPL) dua variabel di SMPN 5 Kepanjen. Disertasi. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Matthews, M. S., & Farmer, J. L. (2008). Factors affecting the algebra in achievement of academically talented learners. Journal of Advanced Academics, 19(3), 472–501.
Newman, M. A. (1977). An analysis of sixth-grade pupils’ errors on written mathematical tasks. Victorian Institute for Educational Research Bulletin, 39, 31-43.
Nurusafa’at, F. A., Sujadi, I., & Riyadi. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi volume prisma dengan fong’s shcematic model for error analysis ditinjau dari gaya kognitif siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(2), 174-187.
Rokhimah, S., Suyitno, A., & Sukestiyarno, Y. L. (2015). Students error analysis in solving math word problems of social arithmetic material for 7th grade based on newman procedure. Proceedings in International Conference on Conservation for Better Life, 349-356.
Siswandi, E., Sujadi, I., & Riyadi. (2016). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan masalah matematika kontekstual pada materi segiempat berdasarkan analisis newman ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(7), 633-643.
Yanto, H. D., Karniasih, N., & Darmono, P. B. (2014). Eksperimentasi model pembelajaran make a match dan inside outside circle pada materi bentuk aljabar siswa kelas VIII. Ekuivelen-Pendidikan Matematika, 8(1), 13-18.
DOI: https://doi.org/10.24815/jdm.v5i1.10035
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Anna Citra Islamiyah, Sudi Prayitno, Amrullah Amrullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Didaktik Matematika
ISSN 2355 – 4185 (print) | 2548 – 8546 (online)
Published by:
Master Program of Mathematics Education incorporated with Himpunan Matematika Indonesia (Indonesian Mathematical Society/IndoMs)
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas Syiah Kuala
Darussalam, Banda Aceh, Indonesia - 23111
Website : http://jurnal.unsyiah.ac.id/DM/
Email : jurnal.jdm@unsyiah.ac.id
Jurnal Didaktik Matematika by Program Studi Magister Pendidikan Matematika FKIP Universitas Syiah Kuala is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.unsyiah.ac.id/DM